Laporkan Masalah

Peran Welas Asih Diri dan Keterampilan Sosial-emosional Guru terhadap Permasalahan Emosi dan Perilaku Siswa SMP

NAJLA KARTINA JACKY, Edilburga Wulan Saptandari

2024 | Skripsi | PSIKOLOGI

Remaja banyak mengalami perubahan mulai dari psikologis, fisik, dan  interaksi sosial sehingga remaja rentan mengalami permasalahan perilaku dan  emosi. Ketika permasalahan perilaku dan emosi tidak ditangani dengan segera akan mengakibatkan efek jangka pendek hingga panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran welas asih diri dan keterampilan sosial-emosional guru terhadap permasalahan perilaku dan emosi. Partisipan penelitian ini berjumlah 159 siswa yang berusia antara 12 sampai dengan 15 tahun. Penelitian ini menggunakan skala Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ), Self-Compassion (SCS), dan Teachers’ Social-Emotional Practices-Student Perspective (TSEP-SP). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear berganda menggunakan software SPSS. Welas asih diri memiliki peran yang siginifikan terhadap permasalahan perilaku secara negatif dan emosi, sedangkan keterampilan sosialemosional guru tidak memiliki peran secara signifikan terhadap permasalahan perilaku.

Adolescents undergo many changes, including psychological, physical, and social interactions, making them vulnerable to behavioral and emotional issues. When these behavioral and emotional problems are not addressed promptly, they can have short-term and long-term effects. This research aims to understand the role of self-compassion and the social-emotional skills of teachers in relation to behavioral and emotional issues. The study involved 159 participants, aged 12-15 years. The research utilized the Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ), Self-Compassion (SCS), and Teachers’ Social-Emotional Practices-Student Perspective (TSEP-SP) scales. The data obtained were analyzed using multiple linear regression with SPSS software. Self-compassion plays a significant role in negatively influencing behavioral and emotional issues, while teachers' social-emotional skills do not have a significant impact on behavioral problems. 

Kata Kunci : permasalahan emosi dan perilaku, welas asih diri, keterampilan sosial emosional guru, remaja, siswa SMP

  1. S1-2024-462624-abstract.pdf  
  2. S1-2024-462624-bibliography.pdf  
  3. S1-2024-462624-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2024-462624-title.pdf