Optimalisasi Instagram Sebagai Media Promosi Desa Lokotoy Banggai Laut Sulawesi Tengah
RENI AMALIA NABILAH, Dr. Pitaya, S.E.T., M.Sc., H.T.S., C.H.E.
2024 | Tugas Akhir | D4 Bisnis Perjalanan Wisata
Pariwisata menjadi salah satu sektor yang sangat membangkitkan perekonomian Indonesia setelah melalui masa kritis pandemi Covid-19. Seluruh sektor sangat terdampak, salah satunya adalah Desa Lokotoy. Desa Lokotoy terletak pada Kelurahan Banggai Utara Kabupaten Banggai Laut. Desa Lokotoy mempunyai keindahan alam dan budaya yang dijadikan wisata unggulan. Namun keindahan alam dan budaya yang dimiliki oleh Desa Lokotoy belum dikenal oleh banyak wisatawan, salah satu faktornya adalah kurangnya promosi pada platform media sosial. Media sosial khususnya instagram telah menjadi salah satu platform yang sangat digemari pembisnis untuk mempromosikan produknya. Dengan jumlah pengguna terbanyak ke-4 di dunia, instagram menjadi platform yang sudah terbukti efektif digunakan karena pengguna mencapai 106 Juta orang Indonesia. Fitur yang beragam dan inovatif di akun bisnis membuat media sosial ini sangat menghemat biaya dan waktu untuk melakukan promosi. Oleh karena itu perlunya optimalisasi instagram Desa Lokotoy untuk menjadi media promosi yang tepat dan efektif.
Tourism is one of the
sectors that has greatly revived the Indonesian economy after going through the
critical period of the Covid-19 pandemic. All sectors are greatly
affected, one of which is Lokotoy Tourism Village. Lokotoy Tourism Village is
located in North Banggai Village, Banggai Laut Regency. Lokotoy Tourism Village
has natural and cultural beauty that is used as superior tourism. However, the
natural and cultural beauty of Lokotoy Tourism Village has not been recognized
by many tourists, one of the factors is the lack of promotion on social media
platforms. Social media, especially Instagram, has become one of the most
popular platforms for businesses to promote their products. With the 4th
largest number of users in the world, Instagram is a platform that has been
proven to be effective because users reach 106 million Indonesians. The diverse
and innovative features on business accounts make this social media very
cost-effective and time-saving for promotion. Therefore, it is necessary to
optimize the Instagram of Lokotoy Tourism Village to become the right and
effective promotional media.
Kata Kunci : Kata Kunci : Desa Lokotoy; Instagram ; Pengembangan Destinasi Wisata; Strategi Pemasaran; Media Sosial. / Keywords: Lokotoy Tourism Village; Instagram; Tourism Destination Development; Marketing Strategy; Social Media.