Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI BERSAING PT BANK KB BUKOPIN

Calvin Faza, Prof. Bambang Riyanto L.S, MBA., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Industri perbankan menjadi salah satu industri yang mengalami perkembangan dengan cepat. Dengan banyaknya jumlah perbankan yang ada di Indonesia dan semakin majunya teknologi mengakibatkan industri perbankan berubah kearah digital banking. Semakin ketatnya persaingan industri perbankan di Indonesia mengakibatkan bank harus memiliki strategi bersaing yang efektif untuk bersaing dalam industri ini. Persaingan yang ketat dalam mendapatkan Dana Pihak Ketiga (DPK), dan nasabah baru menjadikan bank harus menyesuaikan strategi mereka sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi lingkungan eksternal dan internal perusahaan serta evaluasi strategi bersaing yang telah dijalankan oleh PT Bank KB Bukopin dengan perkembangan yang terjadi di lingkungan industri. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara dan observasi pada PT Bank KB Bukopin, beberapa perusahaan pesaing, dan instansi terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan, dan Bank Indonesia. Analisis lingkungan eksternal menggunakan Porter Five Force’s ModelDriving Force’s Analysis, dan Key Success Factor. Analisis internal dilakukan dengan melakukan analisis terhadap sumber daya perusahaan dan analisis rantai nilai perusahaan (Value Chain Analysis) untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan perusahaan, lalu dilanjutkan dengan analisis menggunakan metode VRIN (Valueable, Rarem, Inimitable, Nonsubtituable).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi PT Bank KB Bukopin menggunkana Cost Leadership Strategyuntuk peningkatan efisiensi biaya operasional dan optimalisasi biaya operasional masih belum efektif dalam menyelesaikan permasalahan jangka pendek perusahaan, namun strategi ini dapat dipertahankan dengan dilakukan beberapa perbaikan dan perumusan strategi agar dapat memenangkan idustri perbankan di Indonesia saat ini.

 

 

Kata Kunci Strategi bersaing, Five Forces Model, Driving Forces, Key Success Factor, sumber daya perusahaan, Value Chain Analysis, VRIN.

The banking industry is one of the industries that is experiencing rapid development. With the large number of banks in Indonesia and increasingly advanced technology, the banking industry has changed towards digital banking. The increasingly tight competition in the banking industry in Indonesia means that banks must have effective competitive strategies to compete in this industry. Tight competition in obtaining Third Party Funds (TPF) and new customers means that banks have to adapt their strategies according to current market conditions.

This research aims to identify the company's external and internal environment as well as evaluate the competitive strategy that has been implemented by PT Bank KB Bukopin with developments occurring in the industrial environment. The data used in this research was obtained through interviews and observations at PT Bank KB Bukopin, several competing companies, and related agencies such as the Financial Services Authority, the Deposit Insurance Corporation, and Bank Indonesia. Analyze the external environment using Porter's Five Forces Model, Driving Force Analysis, and Key Success Factor. Internal analysis is carried out by analyzing company resources and analyzing the company's value chain (Value Chain Analysis) to determine the company's strengths and weaknesses, then continuing with analysis using the VRIN method (Valuable, Rare, Inimitable, Nonsubtituable).

The results of this research show that PT Bank KB Bukopin's strategy of using a Cost Leadership Strategy to increase operational cost efficiency and optimize operational costs is still not effective in solving the company's short-term problems, but this strategy can be maintained by making several improvements and formulating strategies to win the industry banking in Indonesia today.

KeywordsCompetitive strategy, Five Forces Model, Driving Forces, Key Success Factor, company resources, Value Chain Analysis, VRIN.

Kata Kunci : Strategi bersaing, Five Forces Model, Driving Forces, Key Success Factor, sumber daya perusahaan, Value Chain Analysis, VRIN.

  1. S2-2024-490628-abstract.pdf  
  2. S2-2024-490628-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-490628-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-490628-title.pdf