Evaluasi Balanced Scorecard Pada BPJS Kesehatan
Novita Dewi Rahmayanti, Bambang Riyanto L.S., Prof. Dr., MBA., Ak., CA.,
2024 | Tesis | S2 Manajemen
BPJS Kesehatan merupakan
organisasi pemerintah yang menerapkan balanced scorecard di Indonesia. Penelitian
ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan balanced scorecard pada BPJS
Kesehatan sebagai alat pengukuran kinerja terhadap konsep balanced scorecard
yang dikembangkan oleh Kaplan dan Norton.
Penelitian ini menggunakan
analisis terhadap data hasil wawancara kepada narasumber terpilih dan
pengamatan terhadap dokumen tentang balanced scorecard yang digunakan BPJS
Kesehatan. Analisis dilakukan dengan membandingkan pengembangan dan penerapan balanced
scorecard BPJS Kesehatan dengan konsep balanced scorecard yang
ditinjau dari empat perspektif, yaitu perspektif pelanggan, keuangan, proses
bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran.
Hasil yang diperoleh pada
penelitian ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan penyesuaian dalam penerapan balanced
scorecard pada BPJS Kesehatan, terutama dalam penetapan dan pendistribusian
indikator kinerja utama (IKU)/ ukuran pada scorecard.
BPJS Kesehatan is a government
organization that implements a balanced scorecard in Indonesia. This study aims
to evaluate the implementation of a balanced scorecard in BPJS Kesehatan as a
performance measurement tool against the balanced scorecard concept developed
by Kaplan and Norton.
This study used an
analysis of data from interviews with selected respondents and observations of
documents on the balanced scorecard used by BPJS Kesehatan. The analysis was
carried out by comparing the development and implementation of BPJS Kesehatan's
balanced scorecard with the balanced scorecard concept, which was reviewed from
four perspectives: the customer perspective, financial perspective, internal
business processes, and growth and learning.
The results obtained in
this study indicate that adjustments need to be made to implement the balanced
scorecard in BPJS Kesehatan, especially in determining and distributing the Key
performance indicators (KPI)/measures on the scorecard.
Kata Kunci : Balanced scorecard, BPJS Kesehatan, strategi, pengukuran kinerja / Balanced scorecard, BPJS Kesehatan, strategy, performance measurement