Pengaruh Topik Konten Short Video Advertising terhadap Penjualan Produk Sunscreen melalui Mediasi Customer Engagement dan Moderasi Harga Produk
SINDI APRILIANA, Ir. Yun Prihantina Mulyani, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.
2024 | Skripsi | TEKNIK INDUSTRI
Short
video advertising (SVA) merupakan salah satu media
pemasaran yang memiliki keunggulan kompetitif dalam memengaruhi customer
engagement bahkan penjualan produk pada media sosial ataupun e-commerce.
Meskipun tingkat popularitas dan perkembangannya cukup tinggi, tetapi studi
terkait optimalisasi pemanfaatan SVA dalam lingkup komersial masih terbatas. Salah
satu aspek komersial yang penting dalam implementasi SVA adalah penentuan topik
konten yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen. Selain itu, harga
produk juga dapat memengaruhi tingkat efektivitas SVA. Penelitian terdahulu
telah mengkaji konteks serupa, tetapi perbedaan faktor seperti sumber data,
jenis produk, dan wilayah penelitian dapat memperkaya temuan penelitian.
Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh topik konten SVA terhadap
tingkat penjualan produk sunscreen melalui mediasi customer engagement
dan moderasi harga produk pada social commerce di Indonesia. Penelitian
eksplanatori ini menggunakan pendekatan uses and gratification theory
(UGT) melalui metode data mining dan quantitative content analysis
(QCA) yang didasarkan pada custom dictionary. Sebanyak 149 sampel data sekunder
diperoleh melalui TikTok dan TikTok Shop.
Hasil
analisis moderated mediation menggunakan metode bootstrapping dengan
1000 resampling pada software Jamovi 2.5.3 menemukan bahwa moderasi
harga produk berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara informational
content dan customer engagement. Pada harga produk rendah, konten
informasi produk berpengaruh negatif secara tidak langsung terhadap penjualan
produk dan konten remunerasi seperti promo dan diskon berpengaruh positif
secara langsung terhadap penjualan produk. Kemudian, pada kedua harga produk, customer
engagement berpengaruh positif terhadap penjualan produk. Di sisi lain,
tidak cukup bukti bahwa entertainment dan relational content berpengaruh
terhadap customer engagement maupun penjualan produk.
Short
video advertising (SVA) is a marketing medium with a competitive advantage in
influencing customer engagement and even product sales on social media or
e-commerce. Despite the high level of popularity and development, studies
related to SVA utilization optimization in the commercial scope are still
limited. One of the crucial commercial aspects in the implementation of SVA is
the determination of content topics that match consumer preferences and needs.
In addition, product prices can also affect the effectiveness of SVA. Previous
research has examined similar contexts, but differences in factors such as data
sources, product types, and research areas can enrich research findings.
Therefore, this research
aims to determine the effect of short video advertising content topics on sunscreen
product sales levels through customer engagement as a mediation variable and
product price as a moderation variable on social commerce in Indonesia. This explanatory research uses the uses and gratification theory
(UGT) approach through data mining and quantitative content analysis (QCA)
methods based on a custom dictionary. This research uses 149 secondary data
samples from TikTok and TikTok Shop.
The
results of moderation mediation analysis using the bootstrapping method with
1000 resamplings on Jamovi 2.5.3 software found that product price moderates
the relationship between information content and customer engagement
significantly. At low product prices, informational content has an indirect
negative effect on product sales, and remunerative content such as promos and
discounts has a direct positive impact on product sales. Then, customer
engagement has a positive consequence on product sales at both product price
levels. On the other hand, there is insufficient evidence that entertainment
and relational content affect customer engagement and product sales.
Kata Kunci : short video advertising, penjualan produk, customer engagement, harga produk, social commerce, sunscreen