ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. MARIBELAJAR INDONESIA CERDAS
Ning Qulyati, Prof. Bambang Riyanto LS, MBA, Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Industri EdTech di Indonesia berpotensi besar untuk terus tumbuh dan memainkan peran penting dalam reformasi pendidikan. Melalui inovasi dan upaya mengatasi tantangan dalam dunia pendidikan dapat membantu pemerintah dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif, efisien, dan adaptif terhadap kebutuhan masa depan. Salah satu kategori yang banyak pelakunya pada industri ini adalah kategori online learning untuk segmen profesional, sehingga perusahaan mana pun apa pun kondisinya perlu melaksanakan strategi bersaing yang tepat untuk dapat memenangkan persaingan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor dari lingkungan internal dan eksternal dari PT. MIC, sehingga dapat diketahui apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mungkin dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengevaluasi terhadap strategi bisnis bersaing focused cost leadership yang dijalankan oleh PT. MIC, dan memberikan rekomendasi strategi bersaing apa yang tepat bagi PT. MIC. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengobservasi pada seluruh aktivitas bisnis yang dilakukan oleh PT. MIC dan analisis terhadap data sekunder yang berkaitan dengan bisnis dan industri yang dimasuki oleh PT. MIC.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. MIC memiliki sejumlah kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat menjadi dasar untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi strategi bersaing yang tepat untuk memenangkan persaingan, yakni berupa rekomendasi untuk mempertimbangkan strategi focused differentiation daripada focused cost leadership.
The EdTech industry in Indonesia has great potential to continue to grow and play an important role in education reform. Innovation and efforts to overcome challenges in the world of education can help the government in creating an education system that is more inclusive, efficient, and adaptive to future needs. One category that has many actors in this industry is the online learning category the professional segment, so any company whatever the conditions needs to implement the right competitive strategy to be able to win the competition.
This research aims to identify factors from the internal and external environment of PT. MIC, so that it can be known what are the strengths, weaknesses, opportunities, and threats that may be owned by the company. In addition, this research is also intended to evaluate the competitive business strategy of focused cost leadership run by PT. MIC, and provide recommendations on what competitive strategies are right for PT. MIC. This research was conducted by observing all business activities carried out by PT. MIC and analysis of secondary data related to business and industry entered by PT. MIC.
The results showed that PT. MIC has several strengths, weaknesses, opportunities, and threats that can be the basis for evaluating and identifying the right competitive strategy to win the competition, namely recommendations to consider focused differentiation strategies rather than focused cost leadership.
Kata Kunci : EdTech, strategi bersaing, focused cost leadership, focused differentiation / EdTech, competitive strategy, focused cost leadership, focused differentiation.