PERANCANGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA JALAN AKSES BANYUREJO TOL YOGYAKARTA-BAWEN MENGGUNAKAN MDPJ 2017, METODE AASHTO 1993 DAN METODE MAK SKBI 1987 DITINJAU DARI SEGI EKONOMI
PUTRI ARISTYA LUKLU'UL MAKNUN, Ir. M. Rizka Fahmi Amrozi, S.T., M.Sc., Ph.D.
2024 | Skripsi | TEKNIK SIPIL
Jalan Tol Yogyakarta-Bawen adalah salah satu mega proyek nasional yang bisa digunakan
untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah, aksesbilitas serta perekonomian khususnya di
wilayah Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang). Trase jalan tol ini melewati destinasi wisata super
prioritas, yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Apabila jalan tol telah beroperasi
memungkinkan terjadinya pergerakan volume kendaraan yang tinggi. Maka, apabila tidak
disiasati dengan kualitas dan mutu yang baik akan berdampak terhadap kinerja perkerasan Jalan
Tol Yogyakarta – Bawen seperti tingkat pelayanan jalannya menurun ataupun terjadi kerusakan
baik mikro ataupun makro.
Tugas akhir ini mempunyai target untuk merancang desain ketebalan struktur perkerasan lentur
dan menganalisis total harga perkerasan dari Jalan Akses Banyurejo Tol Yogyakarta-Bawen
berdasarkan beberapa metode yang digunakan. Metode yang dipakai dalam perancangan ini
adalah MDPJ 2017, AASHTO 1993, dan Metode Analisa Komponen (MAK SKBI 1987). Pada
perancangan ini membutuhkan beberapa data yaitu data sekunder yang didapatkan dari PT
Jasamarga Jogja-Bawen selaku owner dari Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.
Hasil dari perancangan ketebalan perkerasan lentur Jalan Akses Banyurejo dengan MDPJ 2017
menghasilkan perkerasan setebal 58 cm, metode AASHTO 1993 setebal 38 cm, dan metode
MAK SKBI 1987 setebal 45 cm. Harga perkerasan lentur per km yang paling mahal yaitu MAK
SKBI 1987 sebesar Rp 11 Miliar diikuti oleh MDPJ 2017 sebesar Rp 10 Miliar, lalu metode
AASHTO 1993 sebesar Rp 8 Miliar. Metode perancangan perkerasan lentur yang paling sensitif
terhadap harga investasi awal pada setiap perubahan nilai SN yaitu metode MAK SKBI 1987.
The Yogyakarta-Bawen Toll Road is one of the country wide mega initiatives that can be used
to improve connectivity between regions, accessibility and the economy, especially in the
Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) area. This toll road trajectory passes through super-priority
tourist destinations, namely Borobudur Temple and Prambanan Temple. When the toll road is
in operation, it’s miles viable that there may be a high volume of vehicle movements. So, if not
dealt with good and best quality, it’s going to have an effect at the overall performance of the
Yogyakarta - Bawen Toll Road pavement such as the level of service of the road decreasing or
damage both micro and macro.
This very last mission targets to design of flexible pavement thickness and examine the
overall pavement fee of Banyurejo Access Road Yogyakarta-Bawen Toll Road based on
several methods used. The methods used in this design are MDPJ 2017, AASHTO 1993, and
SKBI 1987 Component Analysis Method. The design of flexible pavement thickness requires
some data, specifically secondary facts received from PT Jasamarga Jogja-Bawen as the owner
of the Yogyakarta-Bawen Toll Road.
The results of designing the thickness of the flexible pavement of Banyurejo Access Road with
MDPJ 2017 resulted in a 58 cm thick pavement, 38 cm thick AASHTO 1993 method, and 45
cm thick MAK SKBI 1987 method. The most expensive flexible pavement price per km is
MAK SKBI 1987 at Rp 11 billion followed by MDPJ 2017 at Rp 10 billion, then AASHTO
1993 method at Rp 8 billion. The most sensitive flexible pavement design method to the initial
investment price at any change in SN value is the MAK SKBI 1987 method.
Kata Kunci : Perkerasan lentur, MDPJ 2017, AASHTO 1993, MAK SKBI 1987, Rencana Anggaran Harga (RAB)