Pembelajaran Kewirausahaan Di Program Studi Ilmu Perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam
Siti Rohaya, Prof. Ir. Fransiskus Trisakti Haryadi, M.Si, Ph.D ; Alia Bihrajihant Raya, SP, MP, Ph.D
2024 | Disertasi | S3 Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan
Perubahan teknologi dan informasi yang sangat cepat berpengaruh terhadap alumni program studi perpustakaan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Perpustakaan tidak lagi hanya sebagai sumber informasi dengan pustakawan sebagai pengelolanya, tetapi menjadi ruang usaha yang menjanjikan.Penelitian ini mengkaji dua hal, yaitu proses pembelajaran kewirausahaan pada Program Studi Ilmu Perpustakaan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dan urgensinya dalam membangun wirausaha di bidang perpustakaan dan informasi, serta profil wirausaha berbasis perpustakaan dan informasi yang sesuai dengan ajaran keislaman.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan UIN Syarif Hidayatullah. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, dokumentasi, audio visual dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan pembelajaran kewirausahaan melalui classical learning, praktek usaha melalui community learning, dan project learning dan ditopang dengan nilai-nilai keislaman melalui mata kuliah keislaman. Proses tersebut telah mendorong lahirnya alumni yang berwirausaha dalam bidang perpustakaan. Terdapat dua fokus usaha librarypreneur, yaitu: (1) teknologi informasi yang berhubungan dengan perpustakaan dan informasi, dan (2) fokus usaha yang berkaitan dengan perpustakaan dan informasi secara keseluruhan. Penelitian ini menghasilkan sebuah model pembelajaran kewirausahaan yang dapat diterapkan di Prodi Ilmu Perpustakaan PTKI dengan memperkaya proses antara classical learning, community learning, dan project learning dengan nilai-nilai Islam sebagai landasan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk memperoleh pengetahuan, keahlian dan tumbuhnya kesadaran berwirausaha.
The rapid changes in technology and information have affected the alumni of library study programmes in Islamic Religious Universities (PTKI). The library is no longer just a source of information with librarians as its managers, but a promising business space. This study examines two things, namely the process of entrepreneurship learning in the Library Science Study Programme at Islamic Religious Universities (PTKI) and its urgency in building entrepreneurs in the field of libraries and information, as well as the profile of library and information-based entrepreneurs in accordance with Islamic teachings.
This research is a qualitative research conducted at the Library Science Study Program of UIN Sunan Kalijaga and UIN Syarif Hidayatullah. Data collection was obtained by observation, documentation, audio visual and interviews.
The results show that students gain entrepreneurial knowledge through classical learning, business practice through community learning, and project learning and are supported by Islamic values through Islamic courses. The process has encouraged the birth of alumni who are entrepreneurs in the library sector. There are two business focuses of librarypreneur, namely: (1) information technology related to library and information, and (2) business focus related to library and information as a whole. This research produces an entrepreneurship learning model that can be applied in the PTKI Library Science Study Program by enriching the process between classical learning, community learning, and project learning with Islamic values as a foundation in learning that aims to gain knowledge, expertise and the growth of entrepreneurial awareness.
Kata Kunci : pembelajaran, kewirausahaan, librarypreneur, perpustakaan, informasi.