Analisis Employee Relationship Management (ERM) antara Ride Hailing Platform (RHP) dengan Mitra Kerja Pengemudi Ojek Daring
Chandra, Wuri Handayani, S.E., Ak., M.Si., M.A., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi/Akuntansi Terapan
Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis strategi ERM yang dikembangkan dan diterapkan RHP DIY terhadap MKP
sekaligus menganalisis penilaian MKP terhadap strategi ERM yang diterapkan oleh
RHP DIY. Penelitian ini menggunakan organizational support theory dan
metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memahami elemen-elemen
POS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi pada kopi darat RHP DIY
dan wawancara semi-terstruktur kepada manajemen RHP DIY dan MKP. Metode sampling
yang digunakan dalam penentuan partisipan MKP adalah convenience dan
snowball sampling. Melalui tiga elemen POS, yakni keadilan, praktik HR
dan kondisi kerja, serta dukungan pemimpin, RHP DIY menggunakan tiga strategi
ERM dalam mendukung MKP, dengan menyediakan berbagai saluran bagi MKP
untuk mengajukan usulan dan berkomunikasi dengan RHP DIY, melibatkan MKP dalam
berbagai program dan pengambilan keputusan, serta menekankan kesetaraan antara
MKP dengan manajemen RHP DIY. RHP DIY memiliki cara dan upaya yang lebih baik
dalam membangun hubungan dibanding dengan RHP lainnya. Meskipun begitu, RHP DIY
perlu memperhatikan bagaimana memastikan beberapa strategi ERM mereka
terlaksana dengan baik, seperti memberikan pengembangan kemampuan dalam bentuk
pelatihan dan komunikasi dengan MKP yang lebih jelas dan efektif serta
meningkatkan kualitas penanganan keluhan dari MKP. Hampir seluruh MKP merasa bahwa RHP DIY telah mendukung dan
merasakan hubungan yang baik, salah satu faktornya adalah nilai budaya Jawa. Selain
itu, satu MKP lainnya tidak mendapatkan dukungan dan hubungan yang dekat dengan
RHP DIY karena tidak memiliki saluran komunikasi untuk berinteraksi dengan
manajemen dan MKP RHP DIY.
This
research aims to analyze the ERM strategy developed and implemented by RHP DIY
towards MKP as well as analyze MKP's assessment of the ERM strategy implemented
by RHP DIY. This research used organizational support theory and qualitative
methods with a case study approach to understand the elements of POS. Data
collection techniques were carried out by observing ground coffee at RHP DIY
and semi-structured interviews with RHP DIY and MKP management. The sampling
method used in determining MKP participants was convenience and snowball
sampling. Through three POS elements, namely justice, HR practices and working
conditions, as well as leader support, RHP DIY used three ERM strategies in
supporting MKP, by providing various channels for MKP to submit proposals and
communicate with RHP DIY, involving MKP in various programs and decisions, as
well as emphasizing equality between MKP and RHP DIY management. RHP DIY had
better ways and efforts to build relationships compared to other RHPs. Even so,
RHP DIY needs to pay attention to how to ensure that some of their ERM
strategies are implemented well. One of them is by providing capacity
development in the form of training and having clearer and more effective
communication with MKP as well as improving the quality of complaint handling
from MKP. Almost all MKPs felt that RHP DIY has supported and experienced good
relations, one of the factors was employing Javanese cultural values. Apart
from that, another MKP did not receive support and close relationships with RHP
DIY because it did not have communication channels to interact with management
and MKP RHP DIY.
Kata Kunci : Ride hailing platform, mitra kerja pengemudi, POS, RHP DIY, nerimo.