Laporkan Masalah

Pengaruh Literasi Lingkungan, Protection Motivation Theory dan Biaya pada Niat Mengurangi Pembelian Produk dari Toko Daring

Kamilatun Nikmah, Bernadirnus Maria Purwanto, M.B.A., Ph.D

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Dalam mengurangi dampak lingkungan akibat kemasan pencemar lingkungan  salah satu tindakan yang dapat dilakukan masyarakat dengan mengurangi pembelian produk dari toko daring. Saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan faktor-faktor apa yang memprediksi perilaku adaptif konsumen dalam melakukan tindakan perilaku pro-lingkungan seperti mengurangi pembelian produk dari toko daring. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis variabel-variabel pada Protection Motivation Theory (PMT) serta menggunakan variabel tambahan yaitu literasi lingkungan dan biaya untuk memprediksi faktor-faktor yang memengaruhi individu untuk memiliki niat mengurangi pembelian produk dari toko daring. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survei pada 524 responden yang pernah melakukan pembelian dari produk toko daring. Kemudian hasil survey dianalisis dengan metoda Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS3. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dalam penilaian coping lebih kuat memengaruhi niat mengurangi pembelian dari produk toko daring dibandingkan dengan variabel dalam penilaian ancaman. Pada variabel literasi lingkungan berpengaruh positif pada niat mengurangi pembelian dari produk toko daring. Sedangkan variabel biaya berpengaruh negatif pada niat mengurangi pembelian dari produk toko daring. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pengetahuan mengenai Protection Motivation Theory dengan menggabungkan literasi lingkungan dan biaya berkaitan dalam menjelaskan faktor-faktor yang memprediksi perilaku adaptif dalam menghadapi risiko dari kemasan pencemar lingkungan dari toko daring.

In reducing the environmental impact caused by harmful packaging, one action the public can take is to reduce the purchase of products from online stores. Recently, there has been no research explaining the factors that can predict consumer adaptive perilaku in engaging in pro-environmental actions, such as reducing purchases from online stores. This study aims to analyze variables in the Protection Motivation Theory (PMT), including additional variables like environmental literacy and costs, to predict the factors influencing individuals' intention to reduce purchasing products from online stores. Data were collected using a survey method from 524 respondents who have a history of purchasing products from online stores. The survey results were analyzed using Structural Equation Modelling based on the Partial Least Squares (SEM-PLS) method with SmartPLS3 software. The findings of this study indicate that the variables in coping appraisal have a stronger influence on the intention to reduce purchases from online stores compared to the variables in the threat appraisal. The environmental literacy variable positively affect the intention to reduce purchases from online stores, while the cost variable negatively affect this intention. This research contributes to the understanding of Protection Motivation Theory by incorporating environmental literacy and costs, thus explaining the factors predicting adaptive behavior in response to the risks posed by harmful packaging from online stores.

Kata Kunci : Protection Motivation Theory, Literasi Lingkungan, Biaya, Pro-Lingkungan, Kemasan, Produk Toko Daring

  1. S2-2024-502400-abstract.pdf  
  2. S2-2024-502400-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-502400-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-502400-title.pdf