Laporkan Masalah

ANALISIS KINERJA PUSAT DESAIN INDUSTRI NASIONAL

Sepriza Elysa, Dr. Nunuk Dwi Retnandari, M.Si.

2024 | Tesis | S2 Administrasi Publik

Penelitian ini menganalisis kinerja Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) pada tahun awal keberadaan dalam membangun awareness untuk keberlanjutan PDIN kedepan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam analisisnya mengunakan indikator kinerja berupa input, proses, output, dan outcome. Data dikumpulan melalui wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen. Hasil dari penelitian ini dilihat dari input, PDIN sudah menunjukan usaha kinerja positif walaupun dalam keterbatasan SDM yang ada di PDIN saat ini. Dalam proses di PDIN terdapat kendala terkait dengan pembuatan peraturan yang ada, diperlukan koordinasi yang lebih baik lagi antara pemerintah pusat dengan pemerintahan daerah dalam percepatan proses persetujuan peraturan. output dari PDIN dalam proses awareness yaitu sudah adanya beberapa kebijakan dan pedoman yang dihasilkan serta roadmap dari PDIN. Outcome PDIN masing kurang optimal terkait dengan KPI (Key Performance Indicator) dan SDM yang sah saat ini masih dalam proses pembahasan dan pengadaan.

This research analyzes the performance of the National Industrial Design Center (Pusat Desain Industri Nasional, PDIN) in the early years of existence in building awareness for the sustainability of PDIN in the future. This research uses a descriptive qualitative approach. The analysis uses performance indicators in the form of inputs, processes, outputs, and outcomes. Data was collected through interviews, observation and document collection. The results of this study are seen from the input, PDIN has shown positive performance efforts despite the limited human resources available at PDIN at this time. In the process at PDIN there are obstacles related to the making of existing regulations, better coordination is needed between the central government and local governments in accelerating the regulatory approval process. The output of PDIN in the awareness process is that there have been several policies and guidelines produced and a roadmap from PDIN. The outcome of PDIN is less than optimal related to KPI (Key Performance Indicator) and legal human resources which are currently still in the process of discussion and procurement. 

Kata Kunci : Analisis Kinerja, PDIN, indikator kinerja.

  1. S2-2024-500357-abstract.pdf  
  2. S2-2024-500357-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-500357-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-500357-title.pdf