ANALISIS KINERJA PUSAT DESAIN INDUSTRI NASIONAL
Sepriza Elysa, Dr. Nunuk Dwi Retnandari, M.Si.
2024 | Tesis | S2 Administrasi Publik
Penelitian ini menganalisis kinerja Pusat Desain
Industri Nasional (PDIN) pada tahun awal keberadaan dalam membangun awareness untuk keberlanjutan PDIN
kedepan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam
analisisnya mengunakan indikator kinerja berupa input, proses, output, dan
outcome. Data dikumpulan melalui
wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen. Hasil dari penelitian ini dilihat
dari input, PDIN sudah menunjukan
usaha kinerja positif walaupun dalam keterbatasan SDM yang ada di PDIN saat ini. Dalam proses di PDIN terdapat kendala terkait
dengan pembuatan peraturan yang ada, diperlukan
koordinasi yang lebih baik lagi antara pemerintah pusat dengan pemerintahan
daerah dalam percepatan proses persetujuan peraturan. output
dari PDIN dalam proses awareness yaitu sudah adanya beberapa kebijakan dan pedoman yang
dihasilkan serta roadmap dari PDIN. Outcome PDIN masing kurang optimal
terkait dengan KPI (Key Performance Indicator) dan SDM yang sah saat ini
masih dalam proses pembahasan dan pengadaan.
This research
analyzes the performance of the National Industrial Design Center (Pusat Desain Industri
Nasional, PDIN) in the early
years of existence in building awareness for the sustainability of PDIN in the
future. This research uses a descriptive qualitative approach. The analysis
uses performance indicators in the form of inputs, processes, outputs, and outcomes.
Data was collected through interviews, observation and document collection. The
results of this study are seen from the input, PDIN has shown positive
performance efforts despite the limited human resources available at PDIN at
this time. In the process at PDIN there are obstacles related to the making of
existing regulations, better coordination is needed between the central
government and local governments in accelerating the regulatory approval
process. The output of PDIN in the awareness process is that there have been
several policies and guidelines produced and a roadmap from PDIN. The outcome
of PDIN is less than optimal related to KPI (Key Performance Indicator) and
legal human resources which are currently still in the process of discussion and
procurement.
Kata Kunci : Analisis Kinerja, PDIN, indikator kinerja.