PENGARUH LITERASI LINGKUNGAN, PERSPEKTIF KEADILAN DEONTIK, DAN BIAYA PADA NIAT UNTUK MENGURANGI PEMBELIAN PRODUK DI TOKO DARING
Aulia Kusumastuti, Bernardinus Maria Purwanto, M.B.A., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Pada tahun 2023, perdagangan elektronik telah menjadi penyumbang terbesar dalam sektor ekonomi digital di Indonesia. Namun, pertumbuhan ini juga membawa dampak lingkungan yang signifikan, terutama terkait dengan penggunaan kemasan yang berlebihan. Hal ini mengakibatkan peningkatan produksi limbah kemasan yang tidak terkelola dengan baik, yang berkontribusi pada polusi mikroplastik dan risiko kesehatan lainnya. Limbah kemasan dari perdagangan elektronik ini tidak hanya mencemari lingkungan tetapi juga menambah beban pada sistem pengelolaan sampah yang sudah ada. Untuk mengatasi dampak negatif lingkungan dari limbah kemasan perdagangan elektronik, konsumen perlu menunjukkan perilaku pro-lingkungan, salah satunya dengan mengurangi pembelian produk di toko daring. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi lingkungan, perspektif keadilan deontik yang memiliki dimensi kewajiban moral, akuntabilitas moral, dan kemarahan moral, serta biaya pada niat untuk mengurangi pembelian produk di toko daring. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode survei dengan teknik pengambilan sampel bertujuan. Dari kuesioner yang didistribusikan secara daring melalui Google Form, peneliti mendapatkan 524 responden Warga Negara Indonesia yang tinggal di Indonesia, berusia di atas 17 tahun, dan telah melakukan setidaknya satu kali pembelian produk secara daring melalui platform perdagangan elektronik seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli.com, Zalora, Sociolla, dan lain-lain atau platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Tik Tok, dan WhatsApp. Adapun analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi lingkungan dan akuntabilitas moral memiliki pengaruh positif pada niat untuk mengurangi pembelian produk di toko daring, sementara biaya memiliki pengaruh negatif. Selain itu, kewajiban moral dan kemarahan moral tidak memiliki pengaruh signifikan pada niat untuk mengurangi pembelian produk di toko daring.
In 2023, e-commerce has become the largest contributor to the digital economy sector in Indonesia. However, this growth also brings significant environmental impacts, particularly related to excessive packaging use. This has led to an increase in poorly managed packaging waste production, contributing to microplastic pollution and other health risks. E-commerce packaging waste not only pollutes the environment but also adds to the burden on existing waste management systems. To address the negative environmental impacts of e-commerce packaging waste, consumers need to demonstrate pro-environmental behavior, one of which is reducing the purchase of products from online stores. This study aims to examine the influence of environmental literacy, deontic perspective of justice—which includes moral obligation, moral accountability, and moral outrage—and cost on the intention to reduce product purchases in online stores. Data for this research were collected through a survey method using purposive sampling technique. From questionnaires distributed online via Google Forms, the researchers obtained 524 respondents who are Indonesian citizens residing in Indonesia, aged over 17 years, and have made at least one online purchase through e-commerce platforms such as Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli.com, Zalora, Sociolla, and others, or through social media platforms like Instagram, Facebook, TikTok, and WhatsApp. The data analysis in this study was conducted using Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) with the SmartPLS software version 3.2.9. The results of the study show that environmental literacy and moral accountability have a positive influence on the intention to reduce product purchases in online stores, while cost has a negative influence. Additionally, moral obligation and moral outrage do not have a significant influence on the intention to reduce product purchases in online stores.
Kata Kunci : Literasi Lingkungan, Perspektif Keadilan Deontik, Kewajiban Moral, Akuntabilitas Moral, Kemarahan Moral, Biaya, Niat untuk Mengurangi Pembelian, Limbah Kemasan