Building Sustainable Competitive Advantage: Evaluating PT. Amandina Bumi Nusantara’s CSR Strategy for Competitive Edge
Glorya Pricilia, Reni Rosari, Dr., M.B.A.
2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengevaluasi strategi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Amandina Bumi Nusantara dengan fokus pada peningkatan keberlanjutan dan mengintegrasikannya ke dalam manajemen strategis untuk memperkuat daya saingnya.. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan strategi untuk mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam strategi perusahaan, terutama berfokus pada operasi komersialnya, khususnya daur ulang sampah plastik. Studi ini mengeksplorasi bagaimana inisiatif CSR berdampak positif terhadap lingkungan, komunitas lokal, dan keunggulan kompetitif perusahaan, yang mengarah pada peningkatan pendapatan dan pangsa pasar.
Sesuai dengan visi dan misinya, inisiatif CSR PT. Amandina Bumi Nusantara memperkuat keunggulan kompetitifnya sekaligus juga memberi manfaat kepada masyarakat dan lingkungan. Menurut penelitian, strategi CSR yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan keunggulan kompetitif. Dengan membantu dalam mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam strategi bisnis, alat-alat strategis dapat mempromosikan organisasi ke posisi kompetitif yang lebih menguntungkan. Penelitian tersebut secara komprehensif menguji hubungan antara CSR, manajemen strategis, dan keberlanjutan, yang dapat membentuk dasar yang kuat dalam pendidikan.
Metodologi penelitian kualitatif deskriptif, seperti wawancara semi-terstruktur dan analisis konten digunakan dalam tesis ini. Metode pengumpulan data melibatkan observasi dan wawancara mendalam dengan para eksekutif utama, yang memfasilitasi pengumpulan data yang komprehensif tentang kondisi perusahaan saat ini dan arah strategis di masa depan. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan, dan penilaian Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats (SWOT).
Temuan penelitian menggarisbawahi tujuh aspek kunci dalam manajemen bisnis untuk keunggulan kompetitif yang berkelanjutan: strategi bisnis, sumber daya manusia, teknologi informasi, produk, promosi, kerja sama, dan CSR. Dalam menjalankan program CSR, PT. Amandina Bumi Nusantara mengikuti strategi Five Step Communication Planning Model: Penelitian, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengukuran, dan Pelaporan. Program ini membahas empat tema: sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan masyarakat. Keterlibatan pemangku kepentingan memainkan peran penting dalam mengimplementasikan program investasi sosial dan memberikan inisiatif pelatihan masyarakat.
Kata Kunci: CSR, Keberlanjutan, Manajemen strategis, Integrasi, Five Step Communication Planning Model, Strategi bisnis, Keunggulan Kompetitif, Daur ulang sampah plastik.
This thesis evaluates the Corporate Social Responsibility (CSR) strategy of PT Amandina Bumi Nusantara with a particular focus on the integration of sustainability into strategic management to strengthen the company's competitive advantage. The research investigates the ways in which CSR initiatives have a beneficial effect on the environment, local communities, and the business's competitive edge, resulting in increased revenue and market share. The company's current state and prospective strategic direction are comprehensively investigated through descriptive qualitative methodologies, such as content analysis and semi-structured interviews.
The results underscore the substantial contribution of CSR to Amandina's competitive advantage. Amandina's CSR initiatives not only contribute to community development but also enhance the company's reputation as a socially responsible entity by concentrating on education, health, the environment, and society. Various aspects of strategic management are influenced by the incorporation of CSR programs with sustainability practices, thereby ensuring long-term economic, social, and environmental sustainability. The company's competitive position is further enhanced by the ability to respond to changing circumstances and maintain positive community relations through continuous monitoring and evaluation.
PT Amandina Bumi Nusantara's strategic CSR initiatives in the plastic waste recycling industry are indicative of its dedication to the Triple Bottom Line Theory, which involves the equitable consideration of economic, social, and environmental factors. This strategy enhances Amandina's market position, attracts environmentally conscious consumers, and distinguishes the company from its competitors. In general, the research indicates that Amandina's sustainable competitive advantage is significantly influenced by its well-designed CSR strategy, which promotes innovation and long-term growth.
Keywords: CSR, Sustainability, Strategic management, Integration, Five-step communication planning model strategy, Competitive advantage, Plastic waste recycling
Kata Kunci : CSR, Sustainability, Strategic management, Integration, Five-step communication planning model strategy, Competitive advantage, Plastic waste recycling