Laporkan Masalah

PENGARUH INTERVENSI HYPNOTIC GUIDED IMAGERY (HGI) UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY PADA SISWA DENGAN KECEMASAN

Fauzia Aulia Ramadhani, Prof. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.Med.Sc., Ph.D., Psikolog

2024 | Tesis | S2 Magister Profesi Psikologi

Self-efficacy merupakan salah satu konstruk penting bagi perkembangan remaja. Self-efficacy sangat berkaitan dengan bagaimana siswa mempersepsikan sesuatu yang dihadapi, sehingga self-efficacy berpengaruh terhadap kecemasan yang dimiliki individu. Emosi negatif berkaitan dengan kejadian tidak menyenangkan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi self-efficacy. Intervensi HGI dengan proses rekonstruksi memori dan melibatkan emotion correction menjadi alternatif intervensi untuk meningkatkan self-efficacy yang mempengaruhi kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh intervensi HGI dalam meningkatkan self-efficacy siswa dengan kecemasan. Sejumlah 16 orang partisipan yang memenuhi kriteria dibagi secara random sampling ke dalam dua kelompok, kelompok eksperimen (n = 8) dan kelompok kontrol (n = 8). Desain penelitian yang digunakan merupakan pretest-posttest control group dengan instrumen penelitian berupa GSES, STAI, dan PANAS-X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi HGI dapat digunakan untuk meningkatkan self-efficacy pada siswa dengan kecemasan, dilihat dari perubahan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Self-efficacy is an important construct for adolescent development. Self-efficacy is highly correlated with how students perceive their goals, students with low self-efficacy tend to have high anxiety. Negative emotion as a result of unpleasant experiences is one of the factors that affect self-efficacy. HGI intervention with memory reconstruction and emotion correction is an alternative intervention to improve self-efficacy and reduce anxiety. The study aimed to examine the effectiveness of the HGI intervention in increasing the self-efficacy of students with anxiety. 16 participants who met the inclusion criteria were randomly assigned to the experimental group (n = 8) and the control group (n = 8). The research design used the pretest-posttest control group with GSES, STAI, and PANAS-X scale instruments. The study showed that the HGI intervention can be used to increase self-efficacy and reduce anxiety, there was a significant difference between the experimental group and the control group after the treatment was given.

Kata Kunci : self efficacy, anxiety, hypnotic guided imagery, emotion correction

  1. S2-2024-483835-abstract.pdf  
  2. S2-2024-483835-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-483835-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-483835-title.pdf