Laporkan Masalah

Analisis Risiko Keuangan, Risiko Psikologis, Risiko Produk, dan Risiko Waktu Terhadap Perilaku Pembelian Pada Layanan Pesan Antar Makanan Daring

Amanda Mutiara Ayu Rahmawati, Widya Paramita, S.E., M.Sc., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risiko yang dipresepsikan yakni risiko keuangan, risiko psikolgis, risiko produk, dan risiko waktu terhadap perilaku pembelian pada layanan pesan antar makanan daring. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan menggunakan taknik survei. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan media google form yang disebarkan secara daring. Sebanyak 328 responden berhasil didapat dari pengumpulan data yang dilakukan dalam kurun waktu satu bulan yakni sejak tanggal 18 Januari 2024 hingga 18 Februari 2024. Kemudia data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan metode Partial Least Squares (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian yang didapat yakni risiko psikolgis yang dipresepsikan berpengaruh negatif terhadap sikap konsumen dalam pembelian makanan melalui layanan pesan antar daring dan hipotesis terdukung; risiko keuangan yang dipresepsikan berpengaruh positif terhadap sikap konsumen terhadap pembelian makanan melalui layanan pesan antar makanan daring dan hipotesis tidak terdukung; risiko produk yang dipresepsikan berpengaruh positif terhadap sikap konsumen dalam pembelian makanan melalui layanan pesan antar daring dan hipotesis tidak terdukung; risiko waktu yang dipresepsikan berpengaruh negatif terhadap sikap konsumen dalam pembelian makana melalui layanan pesan antar daring dan hipotesis terdukung; sikap konsumen berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian makanan melalui layanan pesan antar daring dan hipotesis terdukung. Temuan ini menyarankan agar mitra resto atau penyedia produk pada layanan pesan antar daring dapat menjalankan SOP supaya kualitas produk yang diterima oleh konusmen dapat terjaga.

This study aims to determine the effect of perceived risks, namely financial risk, psychological risk, product risk, and perceived time risk on purchasing behavior in online food delivery services. This research in a quantitative study using survey techniques, Dtaa collection was carried out using google form media which was distributed online. A total of 328 respondents were successfully obtained from data collection conducted within one month, from January 18, 2024 to February 18, 2024. Then the data that has been collected in analyzed using the Partial Least Squares (PLS-SEM) method to test the research hypothesis. The result obtained are perceived psychological risk has a negative effect on consumer attitudes in purchasing food through Online Food Delivery and the hypothesis is supported; perceived financial risk has a positive effect on consumer attitudes towards purchasing food through Online Food Delivery and the hypothesis is not supported; perceived product risk has a positive effect consumer attitudes in purchasing food through Online Food Delivery and the hypothesis is not supported; perceived time risk has a negative effect on the consumer attitudes in purchasing food through Online Food Delivery and the hypothesis is supported; consumer attitudes have a positive effect on food purchasing behavior through Online Food Delivery and the hypothesis is supported. These findings suggest that restaurant or product providers in Online Food Delivery services san carry out SOPs so that the quality of products by consumers can be maintaned.

Kata Kunci : Layanan pesan antar daring, risiko yang dipresepsikan, perilaku pembelian, sikap konsumen, online food delivery services

  1. S2-2024-499461-abstract.pdf  
  2. S2-2024-499461-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-499461-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-499461-title.pdf