ANALISIS STRATEGI BERSAING PT MNC LIFE ASSURANCE UNTUK MEMENANGKAN PERSAINGAN
Novista Sarastia, Bambang Riyanto L.S., Prof., MBA., Ph.D. Ak., CA.,
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Industri asuransi jiwa mengalami pertumbuhan yang konsisten selama 5 tahun terakhir. Keberadaan Undang-Undang No 4 tahun 2023 Tentang Pengembangan dan Penguatan Sistem Keuangan menjadi angin segar bagi industri keuangan terutama asuransi jiwa di Indonesia. Dalam menghadapi tantangan dan peluang yang akan terjadi, ada indikasi bahwa strategi yang diterapkan belum sepenuhnya efektif dalam mengantisipasi dinamika pasar, perubahan regulasi, dan preferensi konsumen yang berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi, mengalisis kesesuaian kinerja dan rencana bisnis, menganalisis industri dan persaingan, menganalisis kekuatan internal perusahaan untuk menciptakan keunggulan kompetitif, dan merumuskan strategi alternatif.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain analisis lingkungan eksternal dan analisis internal. Analisis lingkungan eksternal menggunakan analisis Five Forces Framework, Driving Forces, Key Success Factor dan Strategic Group Map. Analisis lingkungan internal menggunakan analisis Value Chain dan analisis VRIN yang selanjutnya menggunakan analisis SWOT untuk mendapatkan gambaran tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi perusahaan. Analisis SWOT tersebut membantu mengidentifikasi strategi alternatif.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi yang diterapkan oleh MNC Life di tahun 2022 merupakan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan dalam industri asuransi jiwa. Kesimpulan ini diperoleh dari hasil analisis kekuatan internal yang dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang yang berasal dari eksternal perusahaan. Misalnya seperti memanfaatkan peluang pertumbuhan ekonomi dan kesadaran masyarakat untuk berasuransi, terbukanya saluran distribusi e-commerce dan aplikasi, dan peluang untuk mengadopsi teknologi baru seperti insurtech untuk meningkatkan layanan.
The life insurance industry has experienced consistent growth over the last 5 years. The existence of Law No. 4 of 2023 concerning the Development and Strengthening of the Financial System is a breath of fresh air for the financial industry, especially life insurance in Indonesia. In facing the challenges and opportunities that will occur, there are indications that the strategies implemented are not yet fully effective in anticipating market dynamics, regulatory changes and changing consumer preferences. This research aims to evaluate strategies, analyze the suitability of performance and business plans, analyze the industry and competition, analyze the company's internal strengths to create competitive advantages, and formulate alternative strategies.
The analytical tools used in this research include external environmental analysis and internal analysis. External environmental analysis using the Five Forces Framework, Driving Forces, Key Success Factor and Strategic Group Map analysis. Internal environmental analysis uses Value Chain analysis and VRIN analysis which then uses SWOT analysis to get an overview of the company's strengths, weaknesses, opportunities and threats. The SWOT analysis helps identify alternative strategies.
From the research results, it can be seen that the strategy implemented by MNC Life in 2022 is the right strategy to win competition in the life insurance industry. This conclusion was obtained from the results of an internal strength analysis that can be used to take advantage of opportunities originating from external companies. For example, taking advantage of opportunities for economic growth and public awareness of insurance, opening up e-commerce distribution channels and applications, and opportunities to adopt new technology such as insurtech to improve services.
Kata Kunci : Kata Kunci: Strategi, analisis Five Forces Framework, analisis Driving Forces, Key Success Factor, Strategic Group Map, analisis Value Chain, Analisis VRIN / Keywords: Strategy, Five Forces Framework analysis, Driving Forces analysis, Key Success Factor,