Daya Saing Lada Indonesia di Pasar Internasional
May Liano Rahma Maulidya, Prof. Dr. Jahmari, S.P., M.P.; Sugiyarto, S.P., M.Sc.
2024 | Skripsi | SOS.EK. PERTANIAN (AGROBISNIS)
Lada merupakan salah satu komoditas unggulan rempah-rempah Indonesia pada kegiatan ekspor. Perlu dilakukan analisis daya saing lada Indonesia untuk mengoptimalkan potensi ekspornya di pasar internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tren volume ekspor, (2) daya saing, dan (3) faktor yang mempengaruhi daya saing ekspor lada Indonesia di pasar internasional. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan berupa data sekunder selama 40 tahun dari tahun 1982-2021 yang diperoleh dari website resmi FAOSTAT. Analisis tren ekspor dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode regresi linier sederhana. Sementara itu, analisis daya saing ekspor dilakukan menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Acceleration Ration (AR). Kemudian analisis faktor yang mempengaruhi daya saing ekspor dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tren volume ekspor lada Indonesia di pasar internasional mengalami peningkatan, (2) lada Indonesia memiliki daya saing ekspor yang lemah di pasar internasional karena nilai RCA-nya memiliki tren menurun dan nilai AR-nya kurang dari +1 yaitu 0,998, (3) faktor yang mempengaruhi daya saing ekspor lada Indonesia adalah volume produksi Vietnam, sedangkan variabel rasio nilai tukar Indonesia terhadap rasio nilai tukar Vietnam, volume produksi lada Indonesia, dan volume produksi lada Brasil tidak berpengaruh signifikan.
Pepper is one of Indonesia's leading spice commodities
in export activities. It is necessary to analyze the competitiveness of Indonesian
pepper to optimize its export potential in the international market. This study
aims to determine (1) trends in export volume, (2) competitiveness, and (3) factors
affecting the competitiveness of Indonesian pepper exports in the international
market. The basic method used in this research is quantitative descriptive analysis
method. The data used is secondary data for 40 years from 1982-2021 obtained from
the official FAOSTAT website. The export trend analysis in this study was conducted
using the simple linear regression method. Meanwhile, the export competitiveness
analysis was conducted using the Revealed Comparative Advantage (RCA) and Acceleration
Ration (AR) methods. Next, multiple linear regression analysis was used to examine
the variables influencing export competitiveness. The results showed that (1) the
trend of Indonesian pepper export volume in the international market has increased,
(2) Indonesian pepper has weak export competitiveness in the international market
because its RCA value has a downward trend and its AR value is less than +1, or
0.998, (3) the main factor influencing Indonesian pepper export competitiveness
is Vietnam’s production volume, while the variables of Indonesia's exchange rate
ratio to Vietnam's exchange rate ratio, the production volume of Indonesian pepper,
and the production volume of Brazilian pepper have no significant effect.
Kata Kunci : lada Indonesia, tren ekspor, daya saing, keunggulan komparatif, pasar internasional