Pendidikan Alternatif Nature Based Learning Dalam Film Sokola Rimba Menurut Perspektif Filsafat Pendidikan Jean Jacques Rousseau
Agnes Vika Fernanda, Dr. Rr. Siti Murtiningsih, S.S.,M.Hum., Fitri Alfariz, S.Fil., M.Phil.
2024 | Skripsi | ILMU FILSAFAT
Penelitian ini berjudul “Pendidikan Alternatif Nature Based Learning Dalam Film Sokola Rimba Menurut Perspektif Filsafat Pendidikan Jean Jacques Rousseau”. Dalam perspektif naturalisme pendidikan, Rousseau berpandangan bahwa pendekatan terhadap pendidikan anak seharusnya mengarah pada kembalinya kepada keadaan alamiah. Peneliti menggambarkan bagaimana bentuk pendidikan alternatif dengan pendekatan alam sebagai ruang belajar utama dalam film Sokola Rimba.
Penelitian ini menggunakan metode hermeneutika filosofis yang merupakan kajian kualitatif dengan model penelitian filsafat deskriptif-interpretatif, pengambilan data berasal dari studi pustaka sehingga metode penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dengan memanfaatkan berbagai sumber pustaka yang berkaitan dengan permasalahan penelitian, baik dari buku, teks dan pemikiran dari suatu tokoh dari sebagian karyanya, model penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kembali objek yang diteliti, sekaligus memaknai fakta-fakta yang ada guna memahami fenomena sosial terkait.
Hasil dari penelitian ini adalah merefleksikan kajian filosofis filsafat pendidikan Jean Jacques Rousseau dengan model pendidikan alternatif nature based learning dalam kehidupan orang rimba. Pendidikan dalam konteks ini tidak hanya terfokus pada pengetahuan akademis, tetapi juga melibatkan pemahaman mendalam tentang lingkungan dan keterampilan bertahan hidup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan alternatif dalam hal ini menekankan pada adaptasi terhadap lingkungan sekitar dan pengaturan program sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
This research is titled "Nature Based Learning Alternative Education in Sokola Rimba Movie According to the Perspective of Jean Jacques Rousseau Philosophy of Education". In the perspective of educational naturalism, Rousseau believes that the approach to children's education should lead to a return to natural conditions. Researchers describe how alternative forms of education with a natural approach as the main learning space in the movie Sokola Rimba.
This research uses a philosophical hermeneutic method which is a qualitative study with a descriptive-interpretative philosophy research model, data collection comes from literature studies so that the research method uses data collection techniques by utilizing various library sources related to research problems, both from books, texts and thoughts from a figure from some of his works, this research model aims to re-describe the object under study, while interpreting existing facts in order to understand related social phenomena.
The result of this research is to reflect the philosophical study of Jean Jacques Rousseau's philosophy of education with an alternative education model of nature-based learning in the life of the Rimba people. Education in this context is not only focused on academic knowledge, but also involves a deep understanding of the environment and survival skills. Therefore, it can be concluded that alternative education in this case emphasizes adaptation to the surrounding environment and the arrangement of programs according to the needs of the learners.
Kata Kunci : Pendidikan Alternatif, Nature Based Learning, Film Sokola Rimba, Filsafat Pendidikan