Tingkat kepuasan pengunjung terhadap elemen daya tarik wisata kota (urban tourism) Kawasan Alun-alun Kota Bogor
Carlsthenz Wyka Budiman, Mohamad Rachmadian Narotama, S.T., M.Sc., Ph.D.
2024 | Skripsi | PARIWISATA
Sebagai destinasi wisata yang
baru diresmikan, Kawasan-Alun-alun Kota Bogor memiliki potensi yang besar
sebagai daya tarik wisata. Dalam kurun waktu hanya beberapa tahun, kawasan ini
telah menarik banyak pengunjung yang berasal dari luar Kota Bogor. Maka dari
itu, evaluasi mengenai kepuasan pengunjung menjadi hal yang penting untuk
pengembangan kawasan yang baru ini secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan
model elemen wisata kota milik Van den Berg, dkk. (1995). Penelitian ini
dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan kuesioner
dan skala likert lima poin untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung.
Wawancara dan pertanyaan terbuka pada kuesioner juga dilakukan guna membuat
data yang dianalisis lebih beragam dan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa secara keseluruhan, rata-rata nilai kepuasan responden terhadap seluruh
elemen wisata kota berada di kategori Puas, meskipun terdapat beberapa aspek
seperti pusat informasi wisata, sampah, fasilitas parkir, dan opsi pembayaran
non-tunai perlu mendapat perhatian lebih lanjut karena mendapat nilai rata-rata
yang cenderung rendah. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan
Kawasan Alun-alun Kota Bogor dengan mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu
diprioritaskan untuk dikembangkan lebih lanjut. Secara keseluruhan, penelitian
ini menunjukkan pentingnya meningkatkan pengalaman pengunjung dan menjaga
keberlanjutan Kawasan Alun-alun Kota Bogor.
As a newly inaugurated tourist
destination, the Bogor City Square-Area has great potential as a tourist
attraction. In just a few years, this area has attracted many visitors from
outside the city of Bogor. Therefore, evaluation of visitor satisfaction is
important for the sustainable development of this newly built area. This
research uses the city tourism element model of Van den Berg, et al. (1995).
This research was conducted using a quantitative descriptive research method
using a questionnaire and a five-point Likert scale to measure the level of
visitor satisfaction. Interviews and open questions in the questionnaire were
also conducted to make the data explained more diverse and in-depth. The
research results show that overall, the average respondent satisfaction score
for all elements of city tourism is in the Satisfied category, although there
are several aspects such as the tourist information center, waste, parking
facilities and non-cash payment options that need further attention because they
receive the average value tends to be low. This research contributes to the
development of the Bogor City Square Area by identifying aspects that need to
be prioritized for further development. Overall, this research shows the
importance to improve the visitor experience and make the Bogor City Square
Area sustainable.
Kata Kunci : Kawasan Alun-alun Kota Bogor, urban tourism, kepuasan pengunjung, elemen wisata kota, Bogor City Square area, urban tourism, visitor satisfaction, city tourism elements