The Impact of Shoppertainment Towards Customer's Channel Choice in Purchasing Somethinc Beauty Products Through Shopee
TASYA NABILA MALIK, Massageng Widagdhaprasana, S.I.P., MMktgComs
2024 | Skripsi | Ilmu Komunikasi
Melonjaknya shoppertainment, sebagai salah satu konsep perdagangan sosial, sejalan dengan meningkatnya pasar produk kecantikan di Indonesia. Strategi seperti shoppertainment, yang menggabungkan belanja dan hiburan, diperkirakan akan berdampak besar pada preferensi saluran pelanggan saat membeli produk kecantikan. Penelitian ini kemudian menyelidiki dampak shoppertainment terhadap pilihan saluran pelanggan dalam membeli produk kecantikan Somethinc melalui Shopee. Pendekatan kuantitatif berhasil mengumpulkan 392 tanggapan dari pengguna Shopee berusia 19-30 tahun dan penggemar produk Somethinc. Dari data yang dikumpulkan, hasilnya menunjukkan bahwa shoppertainment berpengaruh signifikan terhadap pilihan saluran, yaitu sebesar 72,6%. Selain itu, pengalaman pelanggan muncul sebagai perantara penting, yang memberikan kontribusi signifikan sebesar 128,4?lam memediasi pengaruh antara shoppertainment dan pilihan saluran. Secara keseluruhan, temuan ini menggarisbawahi pentingnya shoppertainment dalam pemilihan saluran pelanggan saat berbelanja produk kecantikan. Studi ini juga menemukan bahwa platform seperti Shopee didorong untuk meningkatkan fitur-fitur yang memperkuat kekayaan media, sementara perusahaan harus terus menyempurnakan strategi komunikasi dengan tetap mengikuti perkembangan perdagangan sosial.
The surge of shoppertainment, as one of the social commerce concepts, aligns with Indonesia's booming market for beauty products. Strategies like shoppertainment, which combines shopping and entertainment, are expected to substantially impact customers' channel preferences when purchasing beauty products. This research then investigates the impact of shoppertainment on customers’ channel choice in purchasing Somethinc beauty products through Shopee. A quantitative approach has collected 392 responses from 19-30-year-old Shopee users and Somethinc products enthusiasts. From the gathered data, the results indicate that shoppertainment significantly influences channel choice, accounting for 72.6%. Furthermore, customer experience emerges as a substantial mediator, contributing to a significant extent at 128.4% in mediating the influence between shoppertainment and channel choice. Overall, the findings underscore the significance of shoppertainment in customers' selection of channels when shopping for beauty products. This study also discovered that platforms like Shopee are encouraged to enhance features that amplify media richness, while brands should continuously refine communication strategies by staying abreast of developments in social commerce.
Kata Kunci : Shoppertainment, Channel Choice, Beauty Products, Somethinc, and Shopee