Anne's Personality Development in Anne of Green Gables: Psychological Criticism
TAZKIYA QOLBI NURINSANI, Muh. Arif Rokhman, M. Hum.
2024 | Skripsi | SASTRA INGGRIS
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan psikososial yang dialami oleh tokoh utama dalam sebuah novel berjudul Anne of Green Gables. Objek utama dari penelitian ini adalah Anne Shirley. Penulis memiliki dua pertanyaan yang menjadi pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Bagaimana perubahan-perubahan lingkungan sosial mempengaruhi perkembangan kepribadian Anne? 2) Apa saja tahapan psikososial yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Anne of Green Gables karya L.M. Montgomery? Data dikumpulkan dari novel Anne of Green Gables yang ditulis oleh L.M. Montgomery, diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2021. Untuk mencapai tujuan studi, penulis melakukan kritik sastra untuk menganalisis novel tersebut. Oleh karena itu, penulis menggunakan teori perkembangan kepribadian oleh Elizabeth Hurlock dan teori psikososial Erickson. Hasil penelitian ini menunjukkan dua temuan sebagai respons terhadap pernyataan masalah. Pertama adalah faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan kepribadian Anne, yaitu perubahan lingkungan sosial dan orang-orang penting dalam kehidupan Anne. Peneliti menemukan bahwa Anne mengalami tiga perubahan lingkungan, dari Keluarga Thomas ke Green Gables, Green Gables ke Sekolah Avonlea, dan Sekolah Avonlea ke Queen of Academy University. Sementara itu, orang-orang penting yang memengaruhi perkembangan kepribadiannya adalah Marilla, Matthew, Gilbert, dan Diana. Kedua adalah tahapan psikososial yang dialami oleh Anne. Tahapan-tahapan tersebut adalah Basic trust vs Mistrust, Autonomy vs Shame and Doubt, Initiative vs Guilt, Industry vs Inferiority, and Identity vs Role Confusion. Setiap tahapan mewakili perkembangan kepribadian Anne yang berbeda.
This research aims to analyze the psychosocial stages experienced by the main character in a novel entitled Anne of Green Gables. The main object of this study is Anne Shirley. The writer has two questions that become the research questions which are: 1) How do the changes of social environment influence Anne’s personality development in Anne of Green Gables? 2) What are the psychosocial stages that the main character experiences in Anne of Green Gables? The data were collected from novel Anne of Green Gables written by L.M. Montgomery, published by Gramedia Pustaka Utama in 2021. For achieving the objectives of the study, the writer goes through literary criticism to analyze the novel. Thus, the writer uses theory of personality development by Elizabeth Hurlock and Erickson’s psychosocial theory. The results of this study indicate two findings in response to a problem statement. The first are the factors that influence Anne’s personality development: change of social environment and significant people in Anne’s life. The researcher found that Anne experience three changes of environment, from Thomas Family to Green Gables, Green Gables to School of Avonlea, and School of Avonlea to Queen of Academy University. Meanwhile, the significant people that influence her personality development are Marilla, Matthew, Gilbert, and Diana. The second is the psychosocial stages experienced by Anne. Those are Basic trust vs Mistrust, Autonomy vs Shame and Doubt, Initiative vs Guilt, Industry vs Inferiority, and Identity vs Role Confusion. Each stage represents different personality development of Anne.
Kata Kunci : personality development, social environment, psychosocial stages