GAMBARAN PERLUKAAN DAN LOKASI KEJADIAN PADA KORBAN MENINGGAL AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS DI INSTALASI KEDOKTERAN FORENSIK RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA TAHUN 2017-2021
MARTINUS NOVIAN PRASETYANTOMO, dr. Lipur Riyantiningtyas B.S, Sp.FM (K) ; dr. Yudha Nurhantari, Sp.F., Ph.D.
2024 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER
Latar Belakang: Indonesia
menempati peringkat pertama sebagai negara dengan jumlah kematian lalu lintas
tertinggi di Asia Tenggara. Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu peristiwa di
jalan yang tidak diduga, tidak disengaja, dan tidak diinginkan serta melibatkan
kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban
manusia atau kerugian harta benda. Karakteristik dari luka serta lokasi
kejadian memiliki implikasi medikolegal yang penting dan bermanfaat.
Tujuan: Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pola luka, distribusi kelompok umur, peran, jenis
kelamin, serta lokasi kejadian pada korban meninggal akibat kecelakaan lalu
lintas di Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr. Sardjito pada periode tahun 2017-2021.
Metode: Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif observasional dengan desain penelitian cross-sectional. Subjek penelitian adalah
data visum et repertum korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di
Instalasi Kedokteran Forensik RSUP Dr. Sardjito periode tahun 2017-2021.
Hasil: Dari 133
responden sebagai korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Yogyakarta
paling banyak dialami oleh jenis kelamin laki-laki sebanyak 104 kasus (78,2%)
dan kelompok usia mayoritas pada usia dewasa antara 20-44 tahun sebanyak 71
kasus (53,4%) serta berperan sebagai pengguna kendaraan bermotor sebanyak 112
kasus (84,2%). Daerah dengan tingkat kecelakaan lalu lintas berujung korban
meninggal adalah Kabupaten Sleman sebanyak 91 kasus (68,4%) dengan lokasi
kejadian spesifik Jl. Perumnas No. 30 sebanyak 3 kasus (2,5%) dan perlintasan
rel kereta api Gancahan VIII sebanyak 3 kasus (2,5%). Penyebab kematian paling
banyak adalah cedera kepala sebanyak 60 kasus (45,1%). Perlukaan dan kategori
luka paling banyak di seluruh bagian tubuh adalah luka lecet dengan kumulatif
luka tertinggi sebanyak 369 kasus pada bagian kepala.
Kesimpulan: Berdasarkan dari
hasil penelitian yang telah dilakukan ini, dapat disimpulkan bahwasanya korban
meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Instalasi Kedokteran Forensik RSUP
Dr. Sardjito Yogyakarta Periode Tahun 2017-2021 paling banyak pada laki-laki
dengan kelompok usia dewasa antara 20-44 tahun, serta sebagai pengguna
kendaraan bermotor. Perlukaan dan kategori luka yang paling banyak ditemui di
seluruh bagian tubuh adalah luka tunggal berupa luka lecet. Kabupaten Sleman
merupakan daerah dengan tingkat kecelakaan tertinggi dengan dua lokasi kejadian
spesifik, yaitu di Jl. Perumnas No. 230 Sleman, dan perlintasan rel kereta api
Gancahan VIII Sleman dengan mayoritas kondisi tanpa rambu disertai jalan rusak.
Kata Kunci: Kecelakaan lalu
lintas, pola luka, lokasi kejadian, distribusi, visum et repertum
Background: Indonesia
ranks first as the country with the highest number of traffic deaths in
Southeast Asia. A traffic accident is an event on the road that is unexpected, unintentional,
and unwanted and involves a vehicle with or without other road users resulting
in human casualties or property loss. The characteristics of the wound and the
location of the incident have important and useful medicolegal implications. Aim: This
study aims to determine the pattern of injuries, the distribution of age
groups, roles, gender, and the location of the incident in victims who died due
to traffic accidents at the Forensic Medicine Installation of Dr. Sardjito in
the period 2017-2021. Methods: This
study used a descriptive observational method with a cross-sectional research
design. The subject of the study was the data of Visum et Repertum of the
victims who died due to traffic accidents at the Forensic Medicine Installation
of Dr. RSUP. Sardjito for the period 2017-2021. Results: Of the 133
respondents, the majority of victims who died as a result of traffic accidents
in Yogyakarta were men with 104 cases (78.2%) and the majority age group was
adults between 20-44 years with 71 cases (53.4%). ) as well as acting as motor
vehicle users in 112 cases (84.2%). The area with the highest rate of traffic
accidents resulting in fatalities is Sleman Regency with 91 cases (68.4%) with
the specific incident location being Jl. National Housing No. 30 as many as 3
cases (2.5%) and the Gancahan VIII railroad crossing as many as 3 cases (2.5%).
The most common cause of death was head injury in 60 cases (45.1%). The most
common injuries and categories of wounds in all parts of the body are abrasions
with the highest cumulative injuries being 369 cases on the head. Conclusion: Based on
the results of this research, it can be concluded that the victim died as a
result of a traffic accident at the Forensic Medicine Installation at Dr. RSUP.
Sardjito Yogyakarta for the 2017-2021 period is mostly men in the adult age
group between 20-44 years, as well as motor vehicle users. The injuries and
categories of wounds that are most often found in all parts of the body are
single wounds in the form of abrasions. Sleman Regency is the area with the
highest accident rate with two specific incident locations, namely on Jl.
National Housing No. 230 Sleman, and the Gancahan VIII Sleman railway crossing
with the majority of conditions without signs accompanied by damaged roads. Keyword: Traffic accidents, injury patterns, location of the
incident, distribution, visum et repertum
Kata Kunci : Kecelakaan lalu lintas, pola luka, lokasi kejadian, distribusi, visum et repertum / Traffic accidents, injury patterns, location of the incident, distribution, visum et repertum