Pengaruh Brand Ambassador (Joe Taslim) terhadap Citra Jenama Produk Sampo Head and Shoulders
Antonius Yoga Nugraha, Syafrizal, S.I.P, M.A
2024 | Skripsi | Ilmu Komunikasi
Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh penggunaan brand ambassador Joe Taslim terhadap terbentuknya citra jenama sampo Head and Shoulders pada konsumen melalui akun media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan studi deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yang diambil dari pengikut akun instagram Head and Shoulders. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 282 responden. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel brand ambassador terhadap citra merek dengan jumlah pengaruh yang cukup besar. Hasil lain menunjukkan penampilan yang atraktif dan kredibilitas brand amassador Joe Taslim memimiliki pengaruh dominan terhadap pembentukan citra sampo Head and Shoulders. Dalam penelitian ini, juga akan melihat bagaimana kemampuan terpaan media untuk menjadi mediator dalam proses pengaruh penggunaan brand ambassador Joe Taslim terhadap citra jenama Head and Shoulders.
This research explains the influence from the aplication of brand ambassador Joe Taslim on the formation of the brand image Head and Shoulders shampoo brand among consumers, via the social media Instagram. The method used in this research is a quantitative method with a descriptive study. The sampling technique used was purposive sampling with samples taken from followers of the Head and Shoulders Instagram account. The number of samples in this study was 282 respondents. The data collection technique was taken using a questionnaire. The results of this research show that there is an influence between brand ambassador variables on the brand image with a big number. Other results show that the attractivness, appearances and credibility of brand ambassador Joe Taslim have a dominant influence on the formation of the image of Head and Shoulders shampoo in Indonesia. In this research, we will also look at the ability of media exposure to act as a mediator in the process of influencing the use of brand ambassador Joe Taslim on the brand image of the Head and Shoulders.
Kata Kunci : Brand Ambassador, Citra Jenama, Terpaan Media.