ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA CV PURI PANGAN LESTARI
Pavita Salsabila Karana, Ely Susanto, S.IP., M.B.A., Ph.D.,
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Penelitian ini berjudul "Analisis Strategi Bersaing pada CV Puri Pangan Lestari" berfokus pada strategi bersaing CV Puri Pangan Lestari, produsen keripik buah di Malang, Indonesia. Studi penelitian dilakukan berdasarkan latar penurunan pendapatan signifikan yang terjadi pada perusahaan akibat pandemi COVID-19 dan upaya perusahaan memasuki pasar keripik sayur tanpa penerapan strategi bersaing yang belum pernah disusun sebelumnya. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi faktor lingkungan eksternal dan internal yang mempengaruhi posisi kompetitif perusahaan dan merumuskan solusi bisnis strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi lingkungan eksternal pada industri makanan ringan Malang, menganalisis kondisi internal yang mempengaruhi keunggulan kompetitif CV Puri Pangan Lestari, dan merumuskan strategi bisnis yang tepat bagi perusahaan di pasar saat ini. Hasil penelitian menunjukkan strategi bersaing yang dapat diterapkan oleh perusahaan yaitu Broad Differentiation dengan mempertimbangkan beberapa saran yang diberikan oleh penulis.
The study titled "Analisis Strategi Bersaing pada CV Puri Pangan Lestari," focuses on the competitive strategies of CV Puri Pangan Lestari, a producer of fruit chips in Malang, Indonesia. The study addressed from the company's significant revenue decline due to the COVID-19 pandemic and its efforts to enter the vegetable chips market without implementing a competitive strategy that has never been arranged before. Utilizing descriptive qualitative methods, the thesis explores the external and internal environmental factors affecting the company's competitive position and formulates strategic business solutions. This research aims to identify external environmental conditions in Malang's snack industry, analyze internal conditions influencing CV Puri Pangan Lestari's competitive advantage, and formulate appropriate business strategies for the company in the current market. The research results show that the competitive strategy that can be implemented by the company is Broad Differentiation by considering several suggestions given by the author.
Kata Kunci : Strategi Bersaing, Manajemen Strategis, UMKM