USULAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK PLATFORM JUAL-BELI MOBIL BEKAS: STUDI PADA MOBBI.ID
Apriana Dewi Kusnawati, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.,
2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Salah
satu sektor yang turut berkembang pesat di e-commerce adalah sektor jual
beli mobil bekas. Berdasarkan data dari Kenresearch.com, pada tahun 2023
proporsi transaksi e-commerce mobil bekas mencapai 20,2?ri total
transaksi e-commerce di Indonesia mencapai 115,7 triliun rupiah. Tingginya
persaingan di dalam jual-beli mobil bekas online, menjadikan kesadaran merek sebagai kunci untuk mendukung
kesuksesan sebuah platform. Objek dalam penelitian ini adalah Mobbi.id (PT
Astra Digital Mobil) sebagai salah satu pemain e-commerce mobil bekas
berbasis website yang rilis pada November 2022. Penelitian ini bertujuan untuk
mengusulkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kinerja platform
jual-beli mobil bekas, khususnya pada Mobbi.id. Data yang digunakan dalam
penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh 254 responden dan dianalisis menggunakan teknik statistik
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek Mobbi.id masih rendah,
dengan hanya 21.2%. Namun, Mobbi.id berhasil menarik minat konsumen dengan
keunggulan produknya, seperti jaminan Mobbi certified dan dukungan dari
Astra Group. Dengan menerapkan model AISAS (Attention, Interest, Search,
Action dan Share), penelitian ini memberikan rekomendasi strategis yang
dapat dilakukan oleh Mobbi.id untuk meningkatkan kinerja platform jual-beli
mobil bekas.
One of the rapidly growing sectors in e-commerce is the used car buying
and selling sector. Based on data from Kenresearch.com, in 2023, the proportion
of used car e-commerce transactions reached 20.2% of the total e-commerce
transactions in Indonesia, amounting to 115.7 trillion Indonesian Rupiah. The
high competition in online used car trading makes brand awareness a key factor
in supporting the success of a platform. The object of this study is Mobbi.id
(PT Astra Digital Mobil), one of the players in the website-based used car
e-commerce sector launched in November 2022. This research aims to propose
effective marketing strategies to enhance the performance of the used car
buying and selling platform, particularly on Mobbi.id. Data used in this study
were obtained through questionnaires filled out by 254 respondents and analyzed
using descriptive statistical techniques. The results of the study indicate
that brand awareness of Mobbi.id is still low, at only 21.2%. However, Mobbi.id
has managed to attract consumer interest with its product advantages, such as
Mobbi certified guarantee and support from the Astra Group. By applying the
AISAS model (Attention, Interest, Search, Action, and Share), this research
provides strategic recommendations that Mobbi.id can implement to improve the
performance of the used car buying and selling platform
Kata Kunci : Strategi pemasaran, jual-beli mobil bekas dan model AISAS.