Laporkan Masalah

Pengembangan Strategi Menggunakan SWOT Matrik Untuk Mencapai Target Kinerja Di PT XYZ

Lila Putri Azalia, C. Budi Santoso

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Tesis ini membahas tentang strategi bersaing PT XYZ dalam menghadapi persaingannya di industri konstruksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal PT XYZ yang berdampak pada kinerja bisnisnya, serta mengidentifikasi strategi PT XYZ untuk mencapai target RKAP. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan analisis SWOT dan AHP. Berdasarkan hasil analisis internal dan eksternal menggunakan SWOT, diperoleh empat strategi yang dapat digunakan, diantaranya; Transformasi bisnis sesuai dengan segmen Champions, yaitu pada segmen Power-Renewables dan Seaport, melakukan implementasi dari roadmap maturitas inovasi, knowledge center awards, roadmap IT Maturity, dan melakukan improvisasi IT Masterplan, melakukan pendekatan agresif pada segmen pasar power, airports, dan seaports. Dan pemanfaatan landbank dan aset perusahaan untuk mendayagunakan bank tanah yang menganggur secara prudent. Berdasarkan AHP diperoleh alternatif yang menjadi prioritas alternatif strategi, yaitu kriteria yang digunakan terdiri dari agresif, konservatif, dan defensif. Berdasarkan hasil yang diperoleh AHP, kriteria konservatif merupakan yang tertinggi, sedangkan untuk strategi urutan prioritas berdasarkan hasil AHP yaitu, A1 (transformasi bisnis sesuai segmen champion).

This thesis discusses the competitive strategy of PT XYZ in facing its competition in the construction industry. The aim of this research is to identify PT XYZ's internal and external environmental factors that have an impact on its business performance, as well as identifying PT XYZ's strategy to achieve its RKAP targets. The approach used is qualitative with descriptive research using SWOT and AHP analysis. Based on the results of internal and external analysis using SWOT, four strategies can be used, including; Business transformation in accordance with the Champions segment, namely in the Power-Renewables and Seaport segments, implementing the innovation maturity roadmap, knowledge center awards, IT Maturity roadmap, and improvising the IT Masterplan, taking an aggressive approach to the power, airport and port market segments. And the use of land banks and company assets to utilize idle land banks in a prudent manner. Based on the AHP, alternatives are obtained which become priority alternative strategies, namely the criteria used consist of aggressive, conservative and defensive. Based on the results obtained by AHP, the conservative criteria is the highest, while the priority strategy order is based on AHP results, namely, A1 (business transformation according to segment champion).

Kata Kunci : Strategi Bersaing, AHP, SWOT

  1. S2-2024-470963-abstract.pdf  
  2. S2-2024-470963-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-470963-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-470963-title.pdf