Pengembangan Strategi Menggunakan SWOT Matrik Untuk Mencapai Target Kinerja Di PT XYZ
Lila Putri Azalia, C. Budi Santoso
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Tesis ini membahas tentang strategi bersaing PT
XYZ dalam menghadapi persaingannya di industri konstruksi. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal PT
XYZ yang berdampak pada kinerja bisnisnya, serta mengidentifikasi strategi PT
XYZ untuk mencapai target RKAP. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan analisis SWOT dan AHP.
Berdasarkan hasil analisis internal dan eksternal menggunakan SWOT, diperoleh
empat strategi yang dapat digunakan, diantaranya; Transformasi bisnis sesuai
dengan segmen Champions, yaitu pada segmen Power-Renewables dan Seaport,
melakukan implementasi dari roadmap maturitas inovasi, knowledge center
awards, roadmap IT Maturity, dan melakukan
improvisasi IT Masterplan, melakukan pendekatan agresif pada segmen pasar power,
airports, dan seaports. Dan pemanfaatan landbank
dan aset perusahaan untuk mendayagunakan bank tanah yang menganggur secara prudent.
Berdasarkan AHP diperoleh alternatif yang menjadi prioritas alternatif
strategi, yaitu kriteria yang digunakan terdiri dari agresif, konservatif, dan
defensif. Berdasarkan hasil yang diperoleh AHP, kriteria konservatif merupakan
yang tertinggi, sedangkan untuk strategi urutan prioritas berdasarkan hasil AHP
yaitu, A1 (transformasi bisnis sesuai segmen champion).
This thesis
discusses the competitive strategy of PT XYZ in facing its competition in the
construction industry. The aim of this research is to identify PT XYZ's
internal and external environmental factors that have an impact on its business
performance, as well as identifying PT XYZ's strategy to achieve its RKAP
targets. The approach used is qualitative with descriptive research using SWOT
and AHP analysis. Based on the results of internal and external analysis using
SWOT, four strategies can be used, including; Business transformation in
accordance with the Champions segment, namely in the Power-Renewables and
Seaport segments, implementing the innovation maturity roadmap, knowledge
center awards, IT Maturity roadmap, and improvising the IT Masterplan, taking
an aggressive approach to the power, airport and port market segments. And the
use of land banks and company assets to utilize idle land banks in a prudent
manner. Based on the AHP, alternatives are obtained which become priority
alternative strategies, namely the criteria used consist of aggressive,
conservative and defensive. Based on the results obtained by AHP, the
conservative criteria is the highest, while the priority strategy order is
based on AHP results, namely, A1 (business transformation according to segment
champion).
Kata Kunci : Strategi Bersaing, AHP, SWOT