FORMULASI MISI, VISI DAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN KELUARGA: STUDI KASUS PADA UD RENA RENO FURNITURE
Reno Cahya Dharmawan, Ely Susanto, S.IP., M.B.A., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
UD Rena Reno Furniture merupakan perusahaan milik keluarga yang bergerak di bidang penjualan furniture dan masih dikelola oleh generasi pertama. Perusahaan masih belum memiliki strategi bersaing yang tepat untuk dapat berkompetisi di pasar. Langkah awal yang perlu dilakukan dalam menetapkan strategi bersaing yaitu dengan cara merancang pernyataan visi dan misi perusahaan. UD Rena Reno Furniture belum memiliki pernyataan visi dan misi perusahaan yang jelas sejak awal berdirinya. Perlu untuk perusahaan merancang pernyataan visi dan misinya terlebih dahulu. Persaingan yang semakin ketat dengan adanya pesaing baru dan perkembangan teknologi, menyebabkan UD Rena Reno Furniture perlu untuk menetapkan strategi bersaing yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang visi dan misi dari perusahaan agar dapat menetapkan strategi bersaing. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif. Tahap pertama yang dilakukan yaitu dengan merancang pernyataan visi dan misi perusahaan. Tahap selanjutnya yaitu menetapkan strategi bersaing dengan melakukan analisis faktor-faktor eksternal dan internal yang memengaruhi perusahaan. Pernyataan visi perusahaan yang disepakati adalah “Menjadi perusahaan furniture yang dapat menghasilkan produk inovatif, berkualitas, dan 10 besar terkemuka se-Jawa Tengah”. Sedangkan untuk misi perusahaan yang telah disepakati sebagai berikut:
1. Menyediakan produk furniture yang terjangkau dan berkualitas.
2. Menawarkan berbagai macam produk furniture sesuai keinginan.
3. Memberikan pengalaman yang unik danberkesan dengan menciptakan produk furniture impian.
Strategi bersaing yang dapat disarankan menggunakan kerangka kerja The Five Generic Competitive Strategies adalah perusahaan menggunakan Broad Low-Cost Strategy dengan melakukan efisiensi biaya produksi untuk tetap menghasilkan produk yang berkualitas dan harga yang kompetitif dibandingkan pesaing. Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan perbaikan sistem manajemen agar tetap menghasilkan kinerja yang optimal.
UD Rena Reno Furniture is a family-owned company which operates in the field of furniture sales and is still managed by the first generation. The company still does not have the competitive strategy to be able to compete in the market. The first step that needs to be taken in determining a competitive strategy is to design a company vision and mission statement. UD Rena Reno Furniture has not had a company vision and mission statement since its inception. It is necessary for the company to design its vision and mission statement first. Competition is getting tougher with new competitors and technological developments, causing UD Rena Reno Furniture to need to determine a competitive strategy that is in line with the company's vision and mission.
This research aims to design the company's vision and mission in order to determine a competitive strategy. The approach used in this research is a qualitative method. The first stage is to design a company vision and mission statement. The next stage is to determine a competitive strategy by analyzing external and internal factors that influence the company. The company's agreed vision statement is "To become a furniture company that can produce innovative, good quality products and is among the top 10 leaders in Central Java". Meanwhile, the company mission that has been agreed is as follows:
1. Providing affordable and good quality furniture products.
2. Offering various kinds of furniture products according to the request.
3. Providing a unique and memorable experience by creating dream furniture products.
Competitive strategies that can be suggested using the Five Generic Competitive Strategies framework is company use a Broad Low-Cost Strategy by carrying out production cost efficiencies to produce high-quality products and competitive prices. Besides that, companies can also improve their management systems to keep produce an optimal performance.
Kata Kunci : visi dan misi, strategi bersaing, perusahaan furniture, faktor eksternal dan internal perusahaan, The Five Generic Competitive Strategies