KOMUNIKASI ORGANISASI TRAVELOKA AFFILIATE PROGRAM DALAM MENINGKATKAN ANTUSIASME ANGGOTA SECARA VIRTUAL
Angela Rossari Innarmastia, Dr. Widodo Agus Setianto, M.Si.
2024 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi
KOMUNIKASI ORGANISASI
TRAVELOKA AFFILIATE
PROGRAM DALAM
MENINGKATKAN ANTUSIASME ANGGOTA SECARA VIRTUAL
ABSTRAK
Pandemi Covid-19
membawa pengaruh besar bagi sektor pariwisata di Indonesia, khsusunya di bidang
perhotelan. Hal ini terlihat dari ribuan hotel yang harus tutup permanen akibat
pandemi. Oleh sebab itu, Traveloka yang dikenal sebagai situs booking pesawat
dan hotel nomor satu di Indonesia mendirikan sebuah komunitas Traveloka Travel
Friends yang berisi 12 Ambassador Traveloka pada kota – kota besar di
Indonesia, dengan di dalamnya terdapat program afiliasi. Penelitian ini
berfokus pada kegiatan komunikasi organisasi dari pihak Traveloka kepada
anggota afiliasinya. Oleh sebab itu dalam penelitian ini berangkat dari teori
Komunikasi Organisasi Karl Weick, yang menganggap ada tiga tahapan untuk
mencapai antusiasme yaitu enactment, equivocality dan sensemaking. Untuk
membuktikan klaim ini, diperlukan penelitian lebih lanjut. Penelitian yang
dijalankan dalam hal ini mempergunakan metode kualitatif dengan melakukan
wawancara ke beberapa informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya
kegiatan komunikasi organisasi yang efektif dari Traveloka dapat menimbulkan
antuasiasme anggota yang tinggi meski secara virual. Semua informan konsisten
menyampaikan berkat adanya komunikasi organisasi yang baik, maka feedback dari anggota
afiliasinya juga memuaskan dalam menyebarluaskan link product guna
membangkitkan pariwisata di Indonesia.
TRAVELOKA AFFILIATE PROGRAM
ORGANIZATIONAL COMMUNICATION IN INCREASING MEMBERS' ENTHUSIASM VIRTUALLY ABSTRACT The Covid-19 pandemic brought major
impact on the tourism sector in Indonesia; especially, in the hospitality
sector. It can be seen from the thousands of hotels which have had to close
permanently due to the pandemic. Therefore, Traveloka, which is known as the
number one flight and hotel booking site in Indonesia, established a Traveloka
Travel Friends community consisting of 12 Traveloka Ambassadors in big cities
in Indonesia, with an affiliate program. This study focuses on organizational
communication activities from Traveloka to its affiliate members. Therefore,
this study referred to Karl Weick's Organizational Communication theory, which
considers that there are three stages to achieve enthusiasm, namely enactment,
equivocality and sensemaking. In order to prove it, further research needs to
be conducted. Moreover, this study used qualitative methods by conducting
interviews with several informants. The result shows that the existence of
effective organizational communication activities from Traveloka can create
high member enthusiasm even though it is conducted virtually. All informants
consistently deliver their opinions stated that because of good organizational,
feedback from its affiliate members is satisfy in sharing product links in
order to encourage tourism in Indonesia.
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Afiliasi, Antusiasme Anggota