Laporkan Masalah

Strategi Perusahaan Tekstil di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus PT. Sekar Lima Pratama)

Liliek Setiawan, Amirullah Setya Hardi, S.E., Cand.Oecon., Ph.D.,

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Manajemen strategi merupakan seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya. PT Sekar Lima Pratama merupakan perusahaan yang menggunakan konsep manajemen strategi. Berawal dari adanya pandemi CoVID-19 yang mewabah di Indonesia pada bulan Maret, mengharuskan pemerintah melakukan kebijakan untuk mengurangi penularan CoVID-19; bentuk kebijakan tersebut berupa pembatasan sosial berskala besar, kebijakan work from home, perubahan kebijakan dan regulasi dari pemerintah, perubahan perilaku konsumen, pasar pakaian atau alat pelindung diri (APD) dan masker yang begitu besar, harga bahan baku yang naik, pemutusan hubungan kerja, serta serapan pasar tekstil dan produk tekstil menurun.  

Pada akhirnya, Manajemen PT Sekar Lima Pratama menyadari perlu adanya tindakan konkret untuk menstabilkan perusahaan dengan menggunakan manajemen strategi. Selain itu, penerapan manajemen strategi juga membawa dampak pada peningkatan jumlah permintaan pasar dan kapasitas produksi yang ditandai dengan meningkatnya pendapatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis yang dilakukan menggunakan teknik analisis five porter dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen strategi melalui tiga tahapan, yaitu perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi. Penerapan manajemen strategi pada PT Sekar Lima Pratama sejalan dengan teori dan berdampak baik dalam peningkatan permintaan pelanggan dan kapasitas produksi. 

 



Strategic management is the art and science of formulating, implementing, and evaluating cross-functional decisions that enable an organization to achieve its objectives. PT Sekar Lima Pratama is a company that uses the concept of strategic management. Starting from the COVID-19 pandemic that broke out in Indonesia in March, the government was forced to implement policies to reduce the transmission of COVID-19; the form of the policy consisted of large-scale social restrictions, work from home policies, changes in policies and regulations from the government, changes in consumer behavior, a huge market for clothing or personal protective equipment (PPE) and masks, rising raw material prices, termination of employment, and a decline in the absorption of textile and textile products markets.

In the end, the management of PT Sekar Lima Pratama realized the need for concrete actions to stabilize the company by using strategic management. In addition, the implementation of strategic management also had an impact on the increase in market demand and production capacity, which was marked by an increase in revenue. This research is a field research with a qualitative research type with a descriptive analysis approach. Data collection techniques involved observation, interviews, and documentation. Meanwhile, the analysis technique used was the five porter analysis technique and SWOT analysis. The results of this study indicate that the implementation of strategic management involved three stages, namely strategy formulation, strategy implementation, and evaluation. The implementation of strategic management at PT Sekar Lima Pratama is in line with the theory and has a positive impact on increasing customer demand and production capacity.

 


Kata Kunci : manajemen strategi, perusahaan tekstil, PT Sekar Lima Pratama, pandemi CoVID-19./strategic management, textile company, PT Sekar Lima Pratama, COVID-19 pandemic.

  1. S2-2024-490914-abstract.pdf  
  2. S2-2024-490914-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-490914-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-490914-title.pdf