Strategi Perusahaan Tekstil di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus PT. Sekar Lima Pratama)
Liliek Setiawan, Amirullah Setya Hardi, S.E., Cand.Oecon., Ph.D.,
2024 | Tesis | S2 Manajemen
Manajemen strategi merupakan seni dan pengetahuan
dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan-keputusan
lintas fungsional yang memampukan sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya.
PT Sekar Lima Pratama merupakan perusahaan yang menggunakan konsep manajemen
strategi. Berawal dari adanya pandemi CoVID-19 yang mewabah di Indonesia pada
bulan Maret, mengharuskan pemerintah melakukan kebijakan untuk mengurangi penularan
CoVID-19; bentuk kebijakan tersebut berupa pembatasan sosial berskala besar,
kebijakan work from home, perubahan kebijakan dan regulasi dari
pemerintah, perubahan perilaku konsumen, pasar pakaian atau alat pelindung diri
(APD) dan masker yang begitu besar, harga bahan baku yang naik, pemutusan
hubungan kerja, serta serapan pasar tekstil dan produk tekstil menurun.
Pada akhirnya, Manajemen PT Sekar Lima Pratama
menyadari perlu adanya tindakan konkret untuk menstabilkan perusahaan dengan
menggunakan manajemen strategi. Selain itu, penerapan manajemen strategi juga
membawa dampak pada peningkatan jumlah permintaan pasar dan kapasitas produksi
yang ditandai dengan meningkatnya pendapatan. Penelitian ini merupakan
penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif
dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis yang
dilakukan menggunakan teknik analisis five porter dan analisis SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen strategi melalui
tiga tahapan, yaitu perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi.
Penerapan manajemen strategi pada PT Sekar Lima Pratama sejalan dengan teori
dan berdampak baik dalam peningkatan permintaan pelanggan dan kapasitas
produksi.
Strategic management is the art and science of
formulating, implementing, and evaluating cross-functional decisions that
enable an organization to achieve its objectives. PT Sekar Lima Pratama is a
company that uses the concept of strategic management. Starting from the
COVID-19 pandemic that broke out in Indonesia in March, the government was
forced to implement policies to reduce the transmission of COVID-19; the form
of the policy consisted of large-scale social restrictions, work from home
policies, changes in policies and regulations from the government, changes in
consumer behavior, a huge market for clothing or personal protective equipment
(PPE) and masks, rising raw material prices, termination of employment, and a
decline in the absorption of textile and textile products markets.
In the end, the management of PT Sekar Lima Pratama
realized the need for concrete actions to stabilize the company by using
strategic management. In addition, the implementation of strategic management
also had an impact on the increase in market demand and production capacity,
which was marked by an increase in revenue. This research is a field research
with a qualitative research type with a descriptive analysis approach. Data
collection techniques involved observation, interviews, and documentation. Meanwhile,
the analysis technique used was the five porter analysis technique and SWOT
analysis. The results of this study indicate that the implementation of
strategic management involved three stages, namely strategy formulation,
strategy implementation, and evaluation. The implementation of strategic
management at PT Sekar Lima Pratama is in line with the theory and has a
positive impact on increasing customer demand and production capacity.
Kata Kunci : manajemen strategi, perusahaan tekstil, PT Sekar Lima Pratama, pandemi CoVID-19./strategic management, textile company, PT Sekar Lima Pratama, COVID-19 pandemic.