FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANG TUA TERHADAP EPILEPSI SELAMA PERIODE TERAPI ANAK DI YOGYAKARTA
Patricia Aline, dr. Dian Kesumapramudya Nurputra, M.Sc., Ph.D, Sp.A.; dr. Braghmandita Widya Indraswari, M.Sc., Sp.A.(K); dr. Mawaddah Ar Rochmah, Ph.D, Sp.N
2024 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER
Latar Belakang: Epilepsi didefinisikan sebagai peristiwa beberapa kali kejang tanpa penyebab, yang didapat secara genetik atau disebabkan cedera. Penanganan epilepsi pada anak memerlukan peran orang tua, terlebih terkait terapi epilepsi Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan sikap orang tua terhadap epilepsi masih tergolong rendah.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat pengetahuan dan sikap orang tua terhadap epilepsi, beserta bagaimana peran setiap faktor terhadap kedua aspek tersebut.
Metode: Penelitian analitik observasional dengan metode cross-sectional. Data diperoleh menggunakan kuesioner Knowledge and Attitude Towards Epilepsy (KATE). Tingkat pendidikan, pengeluaran bulanan keluarga, durasi terapi, durasi konsultasi, frekuensi konsultasi, kepatuhan konsumsi obat, frekuensi paparan internet, dan sumber pengetahuan utama orang tua, menjadi variabel faktor yang diteliti.
Hasil: Dari 46 subjek, 100.0% memiliki status menikah. Analisa pertanyaan pengetahuan secara spesifik memperlihatkan hubungan antara pertanyaan tersebut dan faktor yang diteliti, tetapi tidak ditemukan faktor yang mempengaruhi pertanyaan terkait sikap.
Kesimpulan: Tingkat pendidikan berperan lebih besar mempengaruhi tingkat pengetahuan orang tua dibandingkan dengan durasi konsultasi. Tidak ada faktor yang berkorelasi dengan sikap orang tua terhadap epilepsi.
Background: Epilepsy is multiple unprovoked seizures caused by abnormal neuronal activity in the brain either genetically or acquired. In context of childhood epilepsy, it is the responsibility of parents to care for their children and manage their treatment. Despite that, studies done before found that level of parents’ knowledge and attitude towards epilepsy is low.
Objective: This study aimed to assess level of parents’ knowledge and attitude towards epilepsy and how each factors contribute to its level.
Method: This study is an analytical observational study with a cross-sectional method. Data were gathered using Knowledge and Attitude Towards Epilepsy (KATE) Questionnaire. Various factors are included in this study including educational level, monthly family expenses, therapy duration, consultation duration, consultation frequency, medical compliance, frequency of internet exposure, and primary source of knowledge.
Results: Out of 46 parents, 100.0% of the participants are married. Analysis of each knowledge question exhibited a few correlation to the investigated factors, however breakdown of attitude questions does not.
Conclusion: Educational level is a greater factor influencing parents’ knowledge regarding epilepsy compared to consultation duration. No factors are correlated with parents’ attitude towards epilepsy.
Kata Kunci : Epilepsy, Knowledge, Attitude, Parents, Questionnaire