KOMUNIKASI TERAPEUTIK MELALUI MEDIA DIGITAL SEBAGAI TERAPI MENURUNKAN KECEMASAN PADA ORANG YANG MEMILIKI PROBLEMATIKA UTANG (Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Pada Konselor Yayasan Magnet Rezeki)
Ahmad Paisal Padang, Dr. Ardian Indro Yuwono, S.I.P., M.A.
2024 | Tesis | S2 Ilmu Komunikasi
Penelitian
ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana komunikasi interpersonal
konselor YMR dalam menurunkan kecemasan konseli yang memiliki problematika utang
dengan meggunakan media terapeutik digital sebagai modul utama. Penelitian ini dilakukan
dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Metode
penelitian ini dengan studi kasus untuk memusatkan perhatian pada satu objek tertentu
yang diangkat sebagai sebuah kasus untuk dikaji secara mendalam sehingga mampu
membongkar realitas di balik fenomena. Data diperoleh dari hasil wawancara informan, observasi dan
dokumentasi. Informan akan dipilih berdasarkan banyakya konseli yang
berkonsultasi. Temuan dari penelitian ini menyatakan bahwasanya komunikasi interpersonal
dapat berjalan dengan mulus dalam menurunkan kecemasan konseli yang memiliki
utang. Keintiman tersebut terbentuk berdasarkan beberapa indikator yang
mendukung diantaranya adalah konteks sosial, komunikasi online dan
interaktivitas.
This research aims to
explain how YMR counselors' interpersonal communication reduces the anxiety of
clients who have debt problems by using digital therapeutic media as the main
module. This research was conducted with a qualitative approach and used a constructivism
paradigm. This research method uses a case study to focus attention on one
particular object which is raised as a case to be studied in depth so as to
reveal the reality behind the phenomenon. Data was obtained from informant
interviews, observation and documentation. Informants will be selected based on
the number of counselees consulted. The findings from this research state that
interpersonal communication can run smoothly in reducing the anxiety of clients
who have debt. This intimacy is formed based on several supporting indicators,
including social context, online communication and interactivity.
Kata Kunci : Media Digital, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Terapeutik Konseling Online, Anxiety, Problematika Utang.