Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Kartu Kuartet "Ku DeMen KaMu" Terhadap Pengetahuan Anak Terkait Demensia
WIDIANTI SULISTYA PUTRI, Dr. Sri Mulyani, S.Kep., Ns., M.Ng. ; Shinta Restu Wibawa, S.Kep., Ns., M.Kep.
2024 | Skripsi | ILMU KEPERAWATAN
Latar Belakang: Peristiwa demensia Alzheimer di seluruh dunia meningkat dengan cepat. Saat ini, anak masih memiliki pengetahuan yang minim terkait demensia. Pengetahuan tentang demensia pada anak diperlukan karena anak masih memiliki kesalahpahaman terkait demensia. Salah satu upaya peningkatan pengetahuan tentang demensia pada anak adalah pemberian pendidikan kesehatan melalui permainan kartu kuartet.
Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan kartu kuartet “Ku DeMen KaMu” terhadap pengetahuan anak terkait demensia.
Metode: Penelitian quasi experimental dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control group design yang melibatkan 62 siswa di Yogyakarta. Kelompok eksperimen (n=31) menerima intervensi permainan kartu kuartet “Ku DeMen KaMu” selama 2 minggu sedangkan pada kelompok kontrol (n=31) menggunakan leaflet. Kedua kelompok dilakukan pretest dan posttest untuk melihat perbedaan pengetahuan anak terkait demensia. Penelitian ini menggunakan kuesioner demografi dan Dementia Knowledge Assessment Scale (DKAS). Analisis penelitian menggunakan analisis univariat berupa frekuensi, presentase, median, min-max dan bivariat berupa Paired T-test dan Unpaired T-test.
Hasil: Pada penelitian ini, rerata pengetahuan anak kelompok eksperimen meningkat dari 17,26 menjadi 20,16 sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 15,06 menjadi 16,55. Pada kelompok eksperimen, Sig (2-tailled) 0,026 menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest sedangkan pada kontrol Sig (2-tailled) 0,112 menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest. Selain itu, selisih rerata skor pengetahuan anak kelompok eksperimen dan kontrol Sig (2-tailled) 0,359 menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Pada pengujian Cohen’s d baik kelompok eksperimen (d=0,421) maupun kontrol (d=0,294) masuk dalam kategori sedang.
Kesimpulan: Pendidikan kesehatan dengan kartu kartu kuartet “Ku DeMen KaMu” berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan anak terkait demensia. Pendidikan kesehatan dengan leaflet berpengaruh tidak signifikan terhadap pengetahuan anak terkait demensia. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata selisih skor pengetahuan anak terkait demensia antara bermain kartu kuartet “Ku DeMen KaMu” dengan leaflet.
Background: The case of Alzheimer's dementia worldwide is inclining rapidly. Currently, children still have minimal knowledge regarding dementia. Knowledge about dementia in children is needed because children still have misconceptions regarding dementia. Increasing children’s knowledge regarding dementia can be done by providing health education through the quartet card game.
Objective: To determine the effect of health education with the "Ku DeMen KaMu" quartet cards on children's knowledge regarding dementia.
Method: Quasi experimental research with a pretest posttest non-equivalent control group design involving 62 students in elementary school of Yogyakarta. The experimental group (n=31) received the "Ku DeMen KaMu" quartet cards game intervention for 2 weeks while the control group (n=31) used leaflets. Both groups underwent a pretest and posttest to see differences in children's knowledge regarding dementia. This study uses a demographic questionnaire and the Dementia Knowledge Assessment Scale (DKAS). Research analysis uses univariate analysis in the form of frequency, percentage, median, min-max and bivariate in the form of Paired T-test and Unpaired T-test.
Result: In this study, the average knowledge of children in the experimental group increased from 17.26 to 20.16, while the control group increased from 15.06 to 16.55. In the experimental group, the Sig (2-tailed) was 0.026 indicating that there was a difference in the average pretest and posttest scores, while in the control the Sig (2-tailed) value was 0.112 indicating that there was no difference in the average pretest and posttest scores. In addition, the difference between the average knowledge scores of children from the experimental and control groups, Sig (2-tailed) 0,359, shows that there is no a significant difference between the experimental and control groups. In the Cohen’s d test, both the experimental group (d=0,421) and the control group (d=0,294) were in the medium category.
Conclusion: Health education with the quartet cards game "Ku DeMen KaMu" has a significant effect on children’s knowledge regarding dementia. Health education with leaflet has no significant effect on children's knowledge regarding dementia. There is no significant difference in the average difference in children’s knowledge score regarding dementia between playing the quartet card game "Ku DeMen KaMu" and leaflets.
Kata Kunci : anak, demensia, kartu kuartet, pendidikan kesehatan, pengetahuan