Analisis Keberlanjutan Penggunaan Robo Advisor di Indonesia
Azim Fairus Alam, Didi Achjari, Prof. Dr., M.Com., Ak., CA.
2024 | Tesis | S2 Ilmu Akuntansi/Akuntansi Terapan
Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor apasaja yang dapat mempengaruhi seseorang dalam niat menggunakan terus menerus robo advisor di Indonesia. Fokus penelitian tentang bagaimana pengguna menggunakan secara terus menerus robo advisor sebagai media investasi. Penelitian ini menggunakan teori expectation confirmation model untuk mengetahui bagaimana niat menggunakan terus menerus pada robo advisor di Indonesia. Peneliti menambahkan variabel pengetahuan keuangan sebagai keterbaruan pada penelitian ini. Variabel lainnya seperti kegunaan yang dirasakan, kepuasan, dan konfirmasi diharapkan mampu berpengaruh terhadap niat menggunakan terus menerus robo advisor di Indonesia. Data yang dikumpulkan dengan metode survei terhadapa 100 pengguna robo advisor dari 6 aplikasi investasi di Indonesia yaitu Bareksa, Bibit, Reliance, Stockbit dan Halofina. Perhitungan menggunakan Structural Equation Model (SEM) PLS. Hasil penelitian ini menunujukan bahwa, variabel pengetahuan keuangan, kegunaan yang dirasakan, konfirmasi dan kepuasan berpengaruh positif terhadap niat menggunakan terus menerus robo advisor sebagai media investasi di Indonesia. Keterbatasan yang dimiliki pada penelitian ini adalah data pengguna tidak secara langsung didapatkan dari perusahaan penyedia robo advisor di Indonesia.
This research discussed what factors can
influence someone's intention to continuously use robo advisors in Indonesia.
The research focused on how users continuously used robo advisors as an
investment medium. This research used the expectation confirmation model theory
to determine the intention to continue using robo advisors in Indonesia.
Researchers added the financial knowledge variable as a novelty in this
research. Other variables such as perceived usefulness, satisfaction, and
confirmation were expected to influence the intention to continuously use robo
advisors in Indonesia. The data were collected using a survey method of 100
robo advisor users from 6 investment applications in Indonesia, namely Bareksa,
Bibit, Reliance, Stockbit, and Halofina. The calculations used the PLS
Structural Equation Model (SEM). The results of this research showed that the
financial knowledge variables, perceived usefulness, confirmation, and
satisfaction had a positive effect on the intention to continuously use robo
advisors as an investment medium in Indonesia. The limitation of this research
is that user data were not directly obtained from companies providing robo
advisors in Indonesia.
Kata Kunci : Robo advisor, ECM, pengetahuan keuangan, kepuasan, kegunaan yang dirasakan, harapan, niat menggunakan terus menerus.