Bahasa di Lingkungan Pondok Pesantren: Studi Kasus di Ma'had Aly Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta
Badi'atus Solichah, Dr. Suhandano, M.A.
2024 | Tesis | S2 Linguistik
Ma’had Aly merupakakan salah satu program pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak dengan kesetaraan pendidikan strata-I yang merepresentasikan heterogenitas masyarakat pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kode bahasa, pola-pola pemakaiannya, dan mengungkap faktor-faktor munculnya praktik pola pemakaian kode bahasa di Ma’had Aly Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode penelitian sosiolinguistik. Terdapat tiga tahapan penelitian, yaitu tahapan pengumpulan data dengan metode observasi partisipasi aktif dan wawancara yang kemudian dilanjutkan dengan teknik rekam dan teknik catat. Tahapan selanjutnya, yaitu tahapan analisis data yang dilakukan secara kritis untuk memahami hubungan dan konsep yang ada pada data. Terakhir, tahapan penyajian hasil analisis data dipaparkan secara informal.
Dengan menggunakan teori Holmes (2022), ditemukan beberapa kode bahasa yang dipakai di lingkungan Ma’had Aly, yaitu BA, BI, dan BJ dengan ranah pemakaian (domain) pada pendidikan, keagamaan, pertemanan, dan bahasa tulis. Faktor yang melatarbelakangi adanya pola pemakaian kode bahasa dengan frekuensi tertentu tersebut dipengaruhi oleh adanya faktor sosial dan faktor budaya. Faktor sosial dapat diidentifikasi pada partisipan, setting atau konteks sosial, topik tuturan, dan fungsi tuturan. Adapun faktor budaya di antaranya adalah tradisi pembelajaran pesantren dan urgensi adab di lingkungan pesantren.
Ma’had Aly is one of the educational programs in Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak which is similar to a bachelor degree that represents the heterogeneous Islamic boarding school society. This research aims to describe language code, the use of language patterns, and to discover the factors of the use of language code practice in Ma’had Aly Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta.
This research is qualitative research that uses the sociolinguistics method. There are three steps in this research, which are collecting data with active participant observation and interviews which are recording and note-taking techniques. The next step is to analyze the data critically to understand the correlation and concept of the data. The last step is to explain the result of analyzing data informally.
By using the theory of Holmes (2022), this research finds out that some language codes are used in Ma’had Aly, they are foreign language, Bahasa, and Javanese languages in education, religion, friendship, and writing environment. The factors of using these language codes differently are social and cultural background. Participants, setting or social context, topic of speech, and function of speech identify the social factor. Moreover, cultural factors are the tradition of learning and the urgency of etiquette in Islamic boarding schools.
Kata Kunci : kode bahasa, pola pemakaian, pesantren, ma’had aly