Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Industri Kecil dan Menengah (IKM) Makanan dan Minuman
Muhamad Fachmi, Ir. Hari Agung Yuniarto, S.T., M.Sc.,Ph.D., IPU., ASEAN Eng.
2024 | Tesis | S2 Teknik Industri
Industri kecil dan menengah (IKM) merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia sehingga harus terus didukung agar memiliki daya saing. Pemerintah menerbitkan regulasi keamanan pangan dan jaminan produk halal merupakan salah satu bentuk dukungan untuk melindungi konsumen muslim dan menjaga peredaran produk makanan minuman dari luar yang belum jelas status kehalalannya serta membantu peningkatan daya saing IKM. Regulasi yang berupa sertifikasi sektor pangan bersifat wajib ini menjadikan IKM makanan dan minuman mau tidak mau harus menerapkannya. Kewajiban regulasi sektor pangan ini disisi lain menimbulkan permasalahan baru baik faktor internal seperti pemenuhan manajemen mutu maupun faktor eksternal seperti permasalahan biaya. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap daya saing IKM makanan minuman dengan membangun model konseptualnya yang dikembangkan berdasarkan regulasi dan penelitian terdahulu.
Small and medium enterprises (SMEs) are one of the backbones of the Indonesian economy so they must continue to be supported in order to have competitiveness. The government issued food safety regulations and halal product guarantees as a form of support to protect Muslim consumers and maintain the circulation of food and beverage products from outside that have unclear halal status and help increase the competitiveness of SMEs. This regulation in the form of mandatory food sector certification makes food and beverage SMEs inevitably have to implement it. The obligation of this food sector regulation on the other hand raises new problems, both internal factors such as the fulfillment of quality management and external factors such as cost problems. The purpose of this study is to identify factors that are thought to affect the competitiveness of food and beverage SMIs by building a conceptual model developed based on regulations and previous research.
Kata Kunci : Daya Saing, Industri Kecil dan Menengah, PLS-SEM, Sertifikasi, Manajemen Mutu