ANALISIS STRATEGI PASCA SPIN-OFF FIXED MOBILE CONVERGENCE INDIHOME
Grifin Azizah Anggaryanti, Bapak B.M Purwanto, Dr., M.B.A
2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Tepat pada tanggal 1 Juli 2023, Telkom dan Telkomsel sepakat untuk
melakukan Spin-off IndiHome untuk bergabung sebagai bagian dari bisnis Business
to Customer (B2C) Telkomsel agar masing-masing perusahaan baik Telkom fokus
pada bisnis Business to Business (B2B) sedangkan Telkomsel fokus pada
bisnis B2C.
Penelitian disusun dengan tujuan untuk menganalisis keefektivan dan
efisiensi proses spin-off IndiHome ke Telkomsel yang telah berjalan. Penelitian
ini juga merancang strategi pasca spin-off untuk meningkatkan performa perusahaan.
Penelitian ini disusun melalui metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan
faktor PESTEL, lima kekuatan industri Porter, rantai nilai, faktor sukses
perusahaan spin-off dan strategi kompetitif generik.
Hasil analisis faktor PESTEL dan lima kekuatan
industri Porter menunjukkan bahwa adanya peluang dan ancaman yang akan dihadapi.
Hasil analisis rantai nilai dari proses spin-off menunjukan bahwa proses
bisnis berjalan secara efektif karena mampu melaksanakan proses bisnis sesuai
prosedur sehingga sumber daya yang dimiliki dapat diidentifikasi keunggulannya.
Perusahaan juga efisien dalam pengelolaan bisnis terutama biaya yang dihasilkan
dari sinergi value dan peningkatan pendapat penjualan silang. Proses spin-off
juga dikatakan sukses dengan dukungan dari beberapa faktor dukungan induk
perusahaan selama proses spin-off, kerjasama, dan penilaian pasar
menjadi faktor sukses yang paling mendukung keberhasilan. Oleh karena itu, strategi
yang tepat pasca spin-off adalah strategi diferensiasi. Pertimbangan
pemilihannya adalah jaringan yang luas di seluruh Indonesia, program loyalti
pelanggan, serta diferensiasi produk dan layanan sesuai kebutuhan masyarkat.
Strategi ini dianggap unggul karena memberikan nilai yang lebih besar dalam
memenuhi kebutuhan pelanggan serta memanfaatkan kekuatan dalam membayar dengan
harga premium.
On
July 1, 2023, Telkom and Telkomsel agreed to spin-off IndiHome to join as part
of Telkomsel's B2C business so that each company, both Telkom, focuses on B2B
business while Telkomsel focuses on B2C business.
The
research was prepared with the aim of analyzing the effectiveness and
efficiency of the IndiHome spin-off process to Telkomsel that has been running.
This research also designs post-spin-off strategies to improve company
performance. This research was compiled through a qualitative descriptive
method using PESTEL factors, Porter's five forces, value chains, spin-off
company succession factors and generic competitive strategies.
The
results of the analysis of PESTEL factors and Porter's five forces show that
there are opportunities and threats to be faced. The results of the value chain
analysis of the spin-off process show that the business process is running
effectively because it is able to carry out business processes according to
procedures so that the resources owned can be identified. The company is also
efficient in business management, especially costs resulting from value
synergies and increased cross-selling opinions. The spin-off process is also
said to be successful with the support of several factors of parent company
support during the spin-off process, cooperation, and market assessment being
the most supportive succession factors. Therefore, the appropriate strategy
after the spin-off is a differentiation strategy. The selection considerations
are an extensive network throughout Indonesia, customer loyalty programs, and
differentiation of products and services according to the needs of the
community. This strategy is considered superior because it provides greater
value in meeting customer needs and capitalizes on the power of paying premium
prices.
Kata Kunci : Rantai nilai, Spin-off, Strategi Kompetitif Generik/Value Chain, Generic Competitive Strategy, Spin-Off.