ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN CEDERA KEPALA PADA KORBAN MENINGGAL AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS SEPEDA MOTOR YANG DIAUTOPSI DI INSTALASI KEDOKTERAN FORENSIK RSUP DR. SARDJITO PADA TAHUN 2015-2019
Lintang Aprilia C, dr. Hendro Widagdo, Sp.FM(K) ; dr. Wikan Basworo, Sp.F
2024 | Skripsi | PENDIDIKAN DOKTER
Latar belakang : Kecelakaan
lalu lintas (KLL) merupakan tipe kecelakaan yang mengancam nyawa banyak orang
dalam setiap tahunnya. WHO (2022) menyatakan bahwa kecelakaan lalu lintas
menjadi penyebab utama kematian pada populasi anak-anak dan dewasa muda yang
berada pada kelompok umur 5-29 tahun. Lebih dari setengah dari seluruh jumlah
kecelakaan lalu lintas melibatkan pengguna jalan yang rentan, yaitu pejalan
kaki, pengendara sepeda, dan pengendara sepeda motor, dan setiap tahunnya di
dunia terdapat 1,3 juta korban meninggal akibat kejadian KLL. Data yang didapat
dari situs Badan Perencaan dan Pembangunan Daerah DIY menunjukkan peningkatan
tren kejadian KLL di Yogyakarta pada tahun 2015-2019. Data terkini sementara yang didapat dari Badan
Pusat Statistik yang bersumber dari Kepolisian Republik Indonesia, sepeda motor
memegang proporsi tertinggi dari keseluruhan jumlah kendaraan bermotor yang ada
di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yaitu sekitar 85%. Kejadian kecelakaan
lalu lintas yang melibatkan sepeda motor menyebabkan berbagai tipe cedera di
berbagai bagian tubuh, salah satu bagian yang memiliki proporsi tertinggi
adalah kepala. Beberapa faktor risiko memiliki kontribusi terhadap kejadian
cedera kepala yang diawali oleh kejadian KLL sepeda motor . Tujuan : Untuk mengetahui
faktor risiko yang berhubungan dengan pola cedera kepala pada korban meninggal
akibat KLL sepeda motor yang ditangani oleh Instalasi Kedokteran Forensik dr.
Sardjito pada periode 2015-2019. Metode : Metode yang digunakan pada penelitian
ini adalah metode deskriptif-analitik. Data pada penelitian ini diperoleh dari
data visum et repertum yang didapatkan dari Instalasi Kedokteran Forensik RSUP
dr. Sardjito DIY dalam kurun tahun 2015 sampai 2019. Hasil : KLL sepeda motor dengan cedera kepala
sebagian besar terjadi pada waktu gelap (17.31-05.59) (65,7%), dialami oleh
pengemudi (91%), melibatkan lebih dari satu kendaraan/ganda (64,2%), dan
berlokasi di jalan lurus (82,1%). Berdasarkan pembagian regio kepala, bagian
yang paling sering mengalami cedera adalah regio frontalis (20,2%), berdasarkan
karakteristik luka, sebagian besar korban mengalami luka lecet (43,5%) dan
temuan jumlah jenis luka terbanyak sejumlah tiga jenis luka (38,1%). Terdapat
hubungan yang signifikan secara statistik (p=0,025) antara variabel
peran korban dan temuan jumlah jenis luka. Namun, tidak terdapat hubungan yang
signifikan secara statistik antara waktu kejadian, jumlah kendaraan yang
terlibat, dan lokasi kecelakaan dengan temuan jumlah jenis luka.
Background: Traffic
accidents are a type of accident that threatens the lives of many people every
year. WHO (2022) states that traffic accidents are the main cause of death in
the population of children and young adults in the 5-29 year age group. More
than half of all traffic accidents involve vulnerable road users, namely
pedestrians, cyclists and motorbike riders, and every year in the world there
are 1.3 million deaths due to traffic accidents. Data obtained from the the Regional
Planning and Development Agency of Special RegionYogyakarta website shows an
increasing trend in traffic accidents in Yogyakarta in 2015-2019. The latest
temporary data obtained from the Central Statistics Agency which is sourced
from the Police of the Republic of Indonesia, motorbikes hold the highest proportion
of the total number of motorized vehicles in the Special Region of Yogyakarta
(DIY), namely around 85%. Traffic accidents involving motorbikes cause various
types of injuries to various parts of the body, one of the parts that has the
highest proportion is the head. Several risk factors contribute to the
incidence of head injuries that begin with motorbike traffic accidents.
Objective: To determine the risk factors associated with the pattern of head
injuries in victims who died due to motorbike traffic accidents treated by the
Forensic Medicine Installation of dr. Sardjito in the 2015-2019 period. Method:
The method used in this research is descriptive-analytic method. The data in
this study were obtained from post mortem et repertum data obtained from the
Forensic Medicine Installation at RSUP dr. Sardjito DIY in the period 2015 to
2019. Results: motorbikes traffic accidents with head injuries mostly occurred
during the dark (17.31-05.59) (65.7%), experienced by drivers (91%), involving
more than one vehicle/multiple (64.2%), and located on a straight road (82.1%).
Based on the division of the head region, the part most frequently injured was
the frontal region (20.2%), based on the characteristics of the injuries, the
majority of victims experienced abrasions (43.5%) and the highest number of
injuries was found to be three types of injuries (38, 1%). There is a
statistically significant relationship (p=0.025) between the victim role
variable and the number of types of injuries found. However, there was no
statistically significant relationship between the time of the incident, the
number of vehicles involved, and the location of the accident and the number of
types of injuries found.
Kata Kunci : Kecelakaan lalu lintas, kecelakaan sepeda motor, faktor risiko, cedera kepala, visum et repertum