STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA GASTRONOMI KOTA SALATIGA
Intan Nurani Inggita Sandhy, Drs. Hendrie Adji Kusworo, M.Sc., Ph.D; Yulia Arisnani Widyaningsih, MBA, Ph.D
2024 | Tesis | S2 Magister Kajian Pariwisata
Kota Salatiga memiliki potensi besar menjadi destinasi pariwisata gastronomi karena memiliki warisan kuliner yang memiliki sejarah dan budaya yang kuat. Pemerintah Kota Salatiga berupaya menerapkan konsep kota kreatif gastronomi dalam pengembangan pariwisata gastronomi Salatiga. Kota Salatiga telah ditetapkan sebagai salah satu kota kreatif bidang kuliner oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di tahun 2021, namun Salatiga gagal masuk dalam jaringan kota kreatif UNESCO (UCCN). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi upaya Salatiga untuk menjadi kota kreatif gastronomi UCCN dan merancang strategi yang tepat dalam pengembangan pariwisata gastronomi Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dari data terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang bisa diterapkan dalam pengembangan pariwisata gastronomi Kota Salatiga adalah strategi strength-opportunity/ SO strategy. Perumusan strateginya meliputi (a) pengembangan produk yaitu dengan meningkatkan variasi dan inovasi kuliner khas (b) pengembangan atraksi wisata yaitu dengan mengembangkan sentra kuliner, festival kuliner khas atau tur kuliner dan (c) pengembangan pasar yaitu dengan menjangkau wisatawan yang lebih luas seperti wisatawan dengan minat khusus serta mengikuti pameran tingkat internasional.
Salatiga City has great potential to become a gastronomic tourism destination because it has a culinary heritage that has a strong history and culture. The government is trying to apply the concept of a gastronomic creative city in developing Salatiga gastronomic tourism. Salatiga has been designated as one of the creative cities in the culinary sector by the Ministry of Tourism and Creative Economy in 2021, but Salatiga failed to be included in the UNESCO creative cities network (UCCN). The aim of this research is to identify Salatiga's efforts to become a creative gastronomic city for UCCN and design appropriate strategies in developing gastronomic tourism in Salatiga City. This research uses a qualitative descriptive method, the collected data is analyzed using SWOT analysis. Based on the results of the analysis, it shows that the strategy that can be applied in developing gastronomic tourism in Salatiga City is a strength-opportunity strategy/ SO strategy. The strategy formulation includes (a) product development, namely by increasing variety and innovation of typical culinary delights (b) development of tourist attractions, namely by developing culinary centers, specialty culinary festivals or culinary tours and (c) market development, namely by reaching a wider range of tourists such as tourists with special interests as well as participating in international level exhibitions.
Kata Kunci : strategi, gastronomi, warisan kuliner, potensi