Suasana Hati Positif Sebagai Mediator Pengaruh Pelatihan Mindfulness Singkat Terhadap Fungsi Eksekutif Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)
NAVIA FATHONA HANDAYANI, Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Psikolog
2024 | Tesis | S2 Psikologi
Penelitian terkini mengenai intervensi berbasis
mindfulness terbukti meningkatkan kemampuan fungsi eksekutif. Meskipun begitu
hasil penelitian sebelumnya tidak selalu konsisten karena durasi dan frekuensi
melakukan mindfulness yang beragam. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh pelatihan mindfulness
singkat dengan durasi 10 menit/hari yang dilakukan selama 4 hari terhadap
fungsi eksekutif remaja dan untuk mengetahui apakah suasana hati memediasi efek
ini. Partisipan penelitian ini berjumlah 30 orang remaja (Musia =
16,47, SDusia = 0,68) dengan desain penelitian
the pretest-posttest control group design. Partisipan di acak untuk masuk dalam kelompok. Kelompok eksperimen
mendengarkan rekaman audio mindfulness dan
kelompok kontrol mendengarkan podcast kesehatan
mental. Instrumen penelitian terdiri dari Toronto Mindfulness Scale (TMS) sebagai
cek manipulasi, Positive Affect Negative
Affect Scale untuk mengetahui suasana hati positif, dan tes fungsi
eksekutif yang terdiri dari stroop task,
n-back task, dan flanker task.
Pengukuran dilakukan setiap hari. Analisis
data menggunakan mixed ANOVA design dan
analisis mediasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh
signifikan pelatihan mindfulness singkat pada kemampuan fungsi eksekutif
dari hari pertama hingga hari keempat pelatihan dan suasana hati positif tidak
memediasi efek ini
Recent research has shown that mindfulness
interventions can improve executive function. However, the results of previous
studies are not always consistent due to variations in the duration and
frequency of mindfulness training. This study aimed to determine whether a
brief mindfulness training (10 min/day for four days) affects adolescent
executive function and whether positive mood mediate this effect. There were 30
adolescents (Mage = 16,47, SDage = 0,68) in this study with a
pretest-posttest control group design. Participants were randomly assigned to
the groups. The experimental group will listen to mindfulness audio recordings
and the control group will listen to mental health podcasts. Research
instruments consisted of the Toronto Mindfulness Scale (TMS) as a manipulation
check, the Positive Affect Negative Affect Scale to measure positive affect,
and executive function tests consisting of the stroop task, n-back task, and
flanker task. Measurements were taken daily. Data were analyzed using a mixed
ANOVA design and mediation analysis. Results showed that there was no
significant effect of brief mindfulness training on executive function from the
first to the fourth day of training and positive affect did not mediate this
effect.
Kata Kunci : pelatihan mindfulness singkat, fungsi eksekutif, suasana hati positif