ANALISIS STRATEGI BERSAING PT PUTRA SULUNG PROPERTI DALAM PERSAINGAN BISNIS PROPERTI
Fitriano Haniwieko, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc., CMA., Ak., CA.
2024 | Tesis | S2 Manajemen
PT Putra Sulung Properti merupakan pemain baru di industri properti sejak 2019 yang memiliki proyek perumahan dan proyek komersial berlokasi di Magetan dan Yogyakarta. Dalam proses produksi PT Putra Sulung Properti memproduksi sendri bangunannya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Adanya kenaikan harga bahan bangunan yang berdampak langsung kepada perusahaan serta kondisi ekonomi yang belum pulih akibat COVID19 dan ketidak pastian ekonomi global menjadi pertimbangan untuk menentukan strategi perusahaan agar dapat bertahan dan berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi strategi pengembangan bisnis PT Putra Sulung Properti serta memberikan rekomendasi alternatif strategi bisnis untuk mengembangkan bisnis PT Putra Sulung Properti agar terus dapat bersaing dan bertumbuh
Hasil dari penelitian ini adalah perlu dilakukan pengembangan di PT Putra Sulung Properti pada bidang penetrasi pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi yang paling tepat diterapkan di PT Putra Sulung Properti adalah membuat proyek baru berupa perumahan residence di Yogyakarta dan membuat kontrak perjanjian pengadaan barang dengan suplier.
Putra Sulung Properti is a new player in the property
industry since 2019 which has residential projects and commercial projects
located in Magetan and Yogyakarta. In the production process, Putra Sulung
Properti Company produces its own buildings. This is done to maintain the
quality of the products produced. The increase in the price of building
materials that has a direct impact on the company as well as economic
conditions that have not recovered due to COVID19 and global economic
uncertainty are considerations for determining company strategies in order to
survive and develop.
This study aims to analyze and evaluate the business
development strategy of the Putra Sulung Properti Company and provide
alternative business strategy recommendations to develop the Putra Sulung
Properti Company's business so that it can continue to compete and grow.
The results of this study are the need for development in
the Company Putra Sulung Properti in the areas of market penetration and
product development. The most appropriate alternative strategy implemented in
Putra Sulung Properti Company is to create a new project in the form of
residential housing in Yogyakarta and make a procurement agreement contract
with suppliers.
Kata Kunci : IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, QSPM Matrix