ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI ALIANSI ANTARA PERBANKAN DENGAN PEER TO PEER LENDING (STUDI KASUS PADA BANK X)
Corry Angelica Bintania Dwi Putri, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D.,
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Melihat adanya kebutuhan masyarakat atas jasa layanan keuangan berbasis
internet yang didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi dan adanya pandemi
COVID-19 perusahaan financial technology (FinTech) mulai bermunculan dengan
salah satu bidang perusahaan FinTech yang cukup diminati oleh masyarakat adalah
FinTech yang menyediakan produk substitusi dari produk bank yaitu pinjaman
konsumtif atau dikenal dengan Peer to Peer Lending (P2P Lending). P2P Lending
memiliki peluang yang lebih besar dari perbankan antara lain P2P Lending memiliki
target pasar yang lebih luas dan tidak dapat dijangkau oleh perbankan, sehingga
mengancam pangsa pasar dari perbankan. Melihat peluang dan ancaman dengan
hadirnya P2P Lending, beberapa bank mulai membentuk aliansi dengan P2P
Lending, termasuk Bank X sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia,
membentuk aliansi dengan P2P Lending dengan tujuan untuk meningkatkan pangsa
pasar Bank X, sejalan dengan fokus utama manajemen Bank X. Namun demikian,
pangsa pasar Bank X sejak tahun 2020 – 2022 mengalami penurunan dibandingkan
bank-bank pesaing di industri perbankan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi strategi
aliansi Bank X dengan P2P Lending serta untuk mengetahui penyebab strategi
aliansi Bank X dan P2P Lending dinilai belum efektif, untuk selanjutnya merancang
pengembangan strategi aliansi antara Bank X dengan P2P Lending. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan mengungkapkan fakta
dalam studi kasus penelitian ini guna mendapatkan gambaran akan kasus yang
diteliti secara komprehensif terkait dengan model aliansi antara perbankan dengan
P2P Lending pada Bank X, sehingga Bank X mampu mempersiapkan
pengembangan strategi aliansi dalam kerja sama dengan P2P Lending dan dapat
meningkatkan pangsa pasar Bank X. Hasil penelitian menumukan bahwa aliansi
Bank X dan P2P Lending belum maksimal yang disebabkan oleh tidak terpenuhinya
target Fee Based Income dan target pangsa pasar yang dapat disebabkan oleh
mekanisme pembagian keuntungan dengan P2P Lending yang belum
terstandarisasi, kendala operasional dan penentuan target kinerja yang belum
sesuai. Sebagai bagian pengembangan atas aliansi Bank X dan P2P Lending dapat
menggunakan Strategic Alliance Life Cycle.
Seeing the public's need for internet-based financial services driven by the
rapid development of technology and the COVID-19 pandemic, financial
technology (FinTech) companies began to emerge with one of the fields of FinTech
companies that are quite attractive to the public is FinTech which provides
substitute products for bank products, namely consumptive loans or known as Peer
to Peer Lending (P2P Lending). P2P Lending has a greater opportunity than
banking, among others, P2P Lending has a wider target market and cannot be
reached by banks, thus threatening the market share of banks. Seeing the
opportunities and threats with the presence of P2P Lending, several banks began to
form alliances with P2P Lending, including Bank X as one of the largest banks in
Indonesia, forming alliances with P2P Lending with the aim of increasing Bank X's
market share, in line with the main focus of Bank X management. However, Bank
X's market share from 2020 - 2022 has decreased compared to competing banks in
the banking industry.
This study aims to analyze and evaluate the alliance strategy of Bank X with
P2P Lending and to find out the causes of the alliance strategy of Bank X and P2P
Lending are considered ineffective, to further design the development of an alliance
strategy between Bank X and P2P Lending. This research uses a qualitative method
that is carried out by revealing facts in this research case study in order to get a
comprehensive picture of the case under study related to the alliance model between
banks and P2P Lending at Bank X, so that Bank X is able to prepare for the
development of an alliance strategy in collaboration with P2P Lending and can
increase Bank X's market share. The results of the study found that the alliance
between Bank X and P2P Lending has not been maximized due to the nonfulfillment
of Fee Based Income targets and market share targets which can be
caused by profit sharing mechanisms with P2P Lending that have not been
standardized, operational constraints and determination of performance targets that
are not appropriate. As part of the development of the Bank X and P2P Lending
alliance, the Strategic Alliance Life Cycle can be used.
Kata Kunci : Financial Technology, Peer to Peer Lending, Aliansi Strategis