Dampak Pembangunan Jalan Tol terhadap Harga dan Inflasi Komoditas Hasil Produksi di Provinsi Jawa Tengah
Ahmad Naufal Ariansyah, Gumilang Aryo Sahadewo, S.E., M.A., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 Magister Ek.Pembangunan
Pembangunan infrastruktur jalan tol bertujuan tidak hanya meningkatkan kecepatan distribusi orang dan barang, menurunkan waktu, jarak, dan biaya perjalanan, tetapi juga merupakan upaya pemerintah untuk menyediakan komoditas hasil produksi dengan harga lebih rendah dan stabilisasi inflasi pada tingkat eceran. Penelitian ini memiliki dua tujuan, pertama, menganalisis dampak pembangunan jalan tol terhadap harga komoditas hasil produksi pada tingkat eceran. Kedua, menganalisis dampak pembangunan jalan tol terhadap inflasi komoditas hasil produksi pada tingkat eceran di kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini mencakup empat ruas jalan tol dan 31 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah antara Januari 2016—Desember 2019 memanfaatkan metode difference-in-differences (DID). Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama, pembangunan jalan tol meningkatkan harga komoditas hasil produksi pada tingkat eceran berdasarkan estimator prais-winsten (PW) dengan standar eror robust dan standar eror terkluster sebesar 1,9?n berdasarkan estimator cochrane-orcutt (CO) dengan standar eror robust dan standar eror terkluster sebesar 2,5%. Kedua, pembangunan jalan tol meningkatkan inflasi komoditas hasil produksi pada tingkat eceran berdasarkan estimator prais-winsten (PW) dengan standar eror robust dan standar eror terkluster sebesar 33,6?n berdasarkan estimator cochrane-orcutt (CO) dengan standar eror robust dan standar eror terkluster sebesar 55,2%.
The construction of toll road infrastructure aims not only to increase the speed of distribution of people and goods but also to reduce travel time, distance, and costs. Still, it is also the government's effort to provide manufactured commodities at lower prices and stabilize inflation at the retail level. This research has two objectives. First, it analyzes the impact of toll road construction on the prices of produced commodities at the retail level. Second, analyze the impact of toll road construction on inflation of produced commodities at the retail level in districts/cities of Central Java Province. This research covers four toll road sections and 31 districts/cities in Central Java Province between January 2016--December 2019 using the difference-in-differences (DID) method. The results of this research show, first, the construction of toll roads increased the price of manufactured commodities at the retail level based on the prais-winsten (PW) estimator with robust standard error and clustered standard error of 1.9%, but based on the cochrane-orcutt (CO) estimator with robust standard error and clustered standard error of 2.5%. Second, toll road construction increases production commodity inflation at a level calculated based on the prais-winsten (PW) estimator with robust standard error and clustered standard error of 33.6%, but based on the Cochrane Orcutt (CO) estimator with robust standard error and clustered standard error of 55.2%.
Kata Kunci : Evaluasi Dampak, Pembangunan Jalan Tol, Difference-in-Differences (DID), Harga, dan Inflasi