Pengaruh Kualitas dan Harga Produk, Kualitas Layanan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Produk Naturindo Fit
Nabila Nurrulhusna, Prof. Dr. Ir. Masyhuri; Dr. Hani Perwitasari, S.P., M.Sc
2024 | Tesis | S2 Magister Manj.Agribisnis
Banyaknya persaingan industri
mendorong produsen untuk
terus meningkatkan kinerjanya dalam
menghadapi persaingan dengan lebih baik. Memperoleh pelanggan baru membutuhkan
upaya dan biaya yang banyak. Loyalitas pelanggan menjadi penting untuk menunjukkan kesetiaan pelanggan kepada produsen.
Hal
tersebut juga terjadi pada produk
Naturindo Fit. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan,
harga produk, kepercayaan konsumen terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Penelitian dilakukan pada pelanggan PT Naturindo
Surya Niaga yang telah membeli tiga produk unggulan yaitu Mucosafit, Bron C Fit dan
Azzahra.
Penentuan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 125 responden. Metode yang
digunakan adalah analisis
Structural
Equation Model (SEM) yang dianalisis dengan software SMART PLS 4.0. Penelitian
ini menunjukkan kualitas
produk, harga produk dan kepercayaan konsumen memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada produk Naturindo Fit. Kualitas
produk, kualitas layanan, harga produk, dan kepuasan pelanggan memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan konsumen
sebagai variabel
mediasi dari harga produk dan kepercayaan konsumen memberikan pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk Naturindo Fit. Perusahaan
diharapkan dapat memantau kualitas produk melalui ulasan balik pelanggan dan pelanggan
yang merasa puas dapat memberikan rekomendasi kepada orang sekitarnya untuk
membeli produk Naturindo Fit.
The industry's fierce competition
compels manufacturers to consistently enhance their performance in order to
confront rivals more effectively. Gaining new customers demands substantial
exertion and expenses. Customer loyalty is essential to demonstrate customer
allegiance to the manufacturer. This also holds true for Naturindo Fit
products. This research aims to understand the impact of product quality, service quality,
product price, and consumer trust on customer satisfaction and loyalty. The
study was conducted among customers of PT Naturindo Surya Niaga who has
bought Mucosafit, Bron C Fit dan Azzahra products. Sample selection was done using
purposive sampling with a total of 125 respondents. The method employed was
Structural Equation Model (SEM) analysis using SMART PLS 4.0 software. The
results indicate that product quality, product price, and consumer trust have a
positive and significant impact on customer satisfaction with Naturindo Fit products.
Product quality, service quality, product price, and customer satisfaction have
a positive and significant impact on
customer loyalty. Customer satisfaction as a mediating variable between
product price and consumer trust has
a positive and significant impact on customer loyalty to Naturindo Fit
products. Companies are expected to be able to monitor product quality through
customer feedback and satisfied customers can provide recommendations to people
around them to buy Naturindo's products.
Kata Kunci : loyalitas dan kepuasan pelanggan, kualitas produk, kualitas layanan, harga produk, kepercayaan konsumen