ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL DI YOUTUBE PADA PELANGGAN B2B INSTRUMEN ANALISIS KIMIA MEREK METROHM SEBAGAI BAGIAN DARI LAYANAN PURNA JUAL
Bertha Oktarina, Widya Paramita, S.E., M.Sc., Ph.D.
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Era transformasi digital membuat banyak
perusahaan menggunakan teknologi untuk menjalankan kegiatan bisnisnya. Salah
satu teknologi yang digunakan dalam menjalankan roda bisnis perusahaan adalah
media sosial yang memungkinkan pelaku usaha dan pelanggan dapat saling bertukar
informasi. YouTube, media sosial sebagai wadah untuk berbagi video, merupakan
sarana yang tepat bagi perusahaan B2B untuk menciptakan pelanggan melalui
layanan purna jual berupa video tutorial untuk merawat produk. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan manfaat yang
dirasakan pelanggan saat menggunakan video tutorial di YouTube untuk merawat
instrumen analisis kimia yang ada di laboratorium tempat bekerja.
The era of digital transformation has made
many companies utilize technology in carrying out their business activities.
One of the technologies used in running a company's business is social media
which allows companies and customers to exchange information. YouTube, a social
media video-sharing platform, is the right tool for B2B companies to create
customers through after-sales service in the form of product maintenance
tutorial videos. This research aims to analyze the factors that determine customer’s
perceived of usefulness when using video tutorials on YouTube to maintain chemical
analysis instrument in the laboratories.
Kata Kunci : transformasi digital, layanan purna jual, pengalaman pelanggan, video tutorial, digital transformation, after-sales service, customer experience, tutorial video, youtube