Laporkan Masalah

Pengaruh Financial Literacy, Risk Aversion Dan Information Research Terhadap Keputusan Investasi Gen Z

Jimmy, Prof. Dr. Mamduh M. Hanafi, M.B.A

2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menyelidiki pengaruh antara financial literacy, risk aversion dan information research terhadap keputusan investasi di antara kalangan Gen Z di Indonesia dan menguji apakah terdapat perbedaan dengan penelitian yang meneliti generasi milenial. Dengan menganalisa faktor perilaku yang mempengaruhi keputusan investasi dapat membantu investor yang berasal dari kalangan Gen Z dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui media online Google Form. Sampel yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dalam penelitian ini berjumlah 188 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probabilty sampling dan metode purposive sampling. Jumlah sampel minimal yang harus dikumpulkan dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus Lemeshow sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif antara financial literacy, risk aversion dan information research terhadap keputusan investasi kalangan Gen Z di Indonesia sekaligus membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara perilaku keuangan generasi milenial dengan Gen Z.

This study purposes to analyze and investigate the influence between financial literacy, risk aversion and information research on investment decisions among the Gen Z (Generation Z) in Indonesia and to test whether there are any differences between research that examines millennial generation and this research. By analyzing behavioral factors that influence investment decisions can help investors from the Gen Z in making effective and efficient decisions. The type of research used is qualitative. The type of data used is primary data collected by distributing questionnaires through Google Form online media. The sample obtained from the distribution of questionnaires in this study totaled of 188 respondents using nonprobabilty sampling sampling techniques and purposive sampling methods. The minimum number of samples that must be collected in this study is calculated using the Lemeshow formula. The data analysis method uses multiple regression analysis. The results of this study prove that there is a positive influence between Financial Literacy, Risk Aversion, and Information Research on the investment decisions among Gen Z in Indonesia while proving that there is no significant difference between the financial behavior of millennial generation and the Gen Z.

Kata Kunci : Financial Literacy, Risk Aversion, Information Reseach, Keputusan Investasi, Gen Z

  1. S2-2023-490627-abstract.pdf  
  2. S2-2023-490627-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-490627-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-490627-title.pdf