Pengaruh Financial Literacy, Risk Aversion Dan Information Research Terhadap Keputusan Investasi Gen Z
Jimmy, Prof. Dr. Mamduh M. Hanafi, M.B.A
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menyelidiki pengaruh antara
financial literacy, risk aversion dan information research terhadap keputusan investasi di
antara kalangan Gen Z di Indonesia dan menguji apakah terdapat perbedaan dengan
penelitian yang meneliti generasi milenial. Dengan menganalisa faktor perilaku yang
mempengaruhi keputusan investasi dapat membantu investor yang berasal dari kalangan Gen
Z dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah
data primer yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner melalui media online
Google Form. Sampel yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dalam penelitian ini
berjumlah 188 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probabilty
sampling dan metode purposive sampling. Jumlah sampel minimal yang harus dikumpulkan
dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus Lemeshow sedangkan metode yang
digunakan untuk menganalisis data adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif antara financial
literacy, risk aversion dan information research terhadap keputusan investasi kalangan Gen
Z di Indonesia sekaligus membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara
perilaku keuangan generasi milenial dengan Gen Z.
This study purposes to analyze and investigate the influence between financial
literacy, risk aversion and information research on investment decisions among the Gen Z
(Generation Z) in Indonesia and to test whether there are any differences between research
that examines millennial generation and this research. By analyzing behavioral factors that
influence investment decisions can help investors from the Gen Z in making effective and
efficient decisions.
The type of research used is qualitative. The type of data used is primary data collected by
distributing questionnaires through Google Form online media. The sample obtained from
the distribution of questionnaires in this study totaled of 188 respondents using nonprobabilty sampling sampling techniques and purposive sampling methods. The minimum
number of samples that must be collected in this study is calculated using the Lemeshow
formula. The data analysis method uses multiple regression analysis.
The results of this study prove that there is a positive influence between Financial Literacy,
Risk Aversion, and Information Research on the investment decisions among Gen Z in
Indonesia while proving that there is no significant difference between the financial
behavior of millennial generation and the Gen Z.
Kata Kunci : Financial Literacy, Risk Aversion, Information Reseach, Keputusan Investasi, Gen Z