PENERIMAAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN DI LOKAPASAR: STUDI KASUS SKINCAM PADA SHOPEE
Rizkiati Tarwiyah, Iin Mayasari, Dr., M.M., M.Si.
2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
penerimaan teknologi untuk kecerdasan buatan di lokapasar dan berfokus pada
fitur SkinCam yang terdapat pada Shopee. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) yang
dikembangkan oleh Wang et al. (2023) yang memiliki indikator norma
subyektif, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap terhadap penggunaan, niat penggunaan,
dan penggunaan aktual dalam memprediksi penerimaan konsumen pada fitur SkinCam
di Shopee. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan survei.
Penelitian ditujukan kepada 483 responden pengguna Shopee yang telah mencoba
fitur SkinCam yang berdomisili di Indonesia. Metode analisis data dilakukan
dengan menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa norma subyektif
dan kepercayaan berpengaruh positif pada persepsi kegunaan dan persepsi
kemudahan penggunaan. Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif pada persepsi kegunaan. Persepsi kegunaan dan
persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif pada sikap
terhadap penggunaan. Persepsi kegunaan dan sikap terhadap penggunaan berpengaruh positif pada
niat penggunaan. Niat penggunaan juga berpengaruh positif pada penggunaan
aktual konsumen pada SkinCam. Penelitian ini menyarankan lokapasar untuk
meningkatkan faktor yang mampu memengaruhi kepercayaan dan persepsi kegunaan
konsumen karena merupakan prediktor terkuat menuju penggunaan aktual kecerdasan
buatan pada lokapasar.
This research aims to analyze the acceptance of technology for artificial intelligence in e-commerce and focuses on the SkinCam feature found on Shopee. This research uses the Technology Acceptance Model (TAM) model developed by Wang et al., (2023). The TAM model used by Wang has indicators of subjective norms, perceived usefulness, perceived ease of use, attitudes towards use, intention to use, and actual use in predicting consumer acceptance of the SkinCam feature on Shopee. The research was conducted using quantitative methods using surveys. The research was aimed at 483 Shopee user respondents who had tried the SkinCam feature who live in Indonesia. The data analysis method was carried out using SEM-PLS. The results of the research show that subjective norms and trust have a positive effect on perceived usefulness and perceived ease of use. Perceived ease of use has a positive effect on perceived usefulness. Perceived usefulness and perceived ease of use have a positive effect on attitudes towards use. Perceived usefulness and attitudes towards use have a positive effect on intention to use. Intention to use also has a positive effect on consumers' actual use of SkinCam. This research suggests marketplaces to improve factors that can influence consumer trust and perceived usefulness because they are the strongest predictors of the actual use of artificial intelligence in marketplaces.
Kata Kunci : TAM, norma subyektif, kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap terhadap penggunaan, niat penggunaan, penggunaan aktual.