Pengaruh Pengalaman Wisata Berkesan pada Niat Berkunjung Kembali dan Niat Merekomendasikan: Peran Mediasi Emosi Positif dan Identitas Tempat sebagai Moderasi pada Objek Wisata Bali dan D.I Yogyakarta
Helena Yovita Junijanto, Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A., Ph.D.
2024 | Tesis | S2 SAINS MANAJEMEN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara
pengalaman wisata berkesan, emosi positif, identitas tempat pada niat
berkunjung kembali dan niat merekomendasikan. Objek penelitian ini adalah
destinasi Bali dan DI Yogyakarta. Penelitian ini memiliki 511 responden yang
sudah pernah mengunjungi destinasi di Bali dan DI Yogyakarta. Pengambilan
sampelnya dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan
google form dengan memanfaatkan media sosial dan Kudata. Teknik analisis data dengan
Structual Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software Smart PLS
versi 4.0.9.5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman wisata
berkesan berpengaruh pada emosi positif dan niat berkunjung kembali, sedangkan
tidak berpengaruh pada niat merekomendasikan. Emosi positif berpengaruh pada
niat berperilaku, emosi positif dapat memediasi hubungan antara pengalaman
wisata berkesan pada niat berperilaku, sedangkan identitas tempat tidak
memoderasi hubungan antara emosi positif pada niat berperilaku.
Kata kunci : pengalaman wisata berkesan, emosi positif, niat berperilaku, identitas tempat
This research aims to examine the influence of memorable
tourist experiences, positive emotions, place identity on revisit intention and
recommendation intention. The object of this research is the destinations Bali
and DI Yogyakarta. This research had 511 respondents who had visited
destinations in Bali and DI Yogyakarta. The samples were taken using purposive
sampling technique. Data collection uses Google Form by utilizing social media
and Kudata. Data analysis technique using Structual Equation Modeling (SEM)
with the help of Smart PLS software version 4.0.9.5. The results of this study
show that memorable tourism experiences influence positive emotions and
intention to revisit, while they have no influence on intention to recommend.
Positive emotions influence behavioral intentions, positive emotions can
mediate the relationship between memorable tourism experiences and behavioral
intentions, while place identity does not moderate the relationship between
positive emotions and behavioral intentions.
Keywords: memorable tourist experience, positive emotions,
behavioral intentions, place identity
Kata Kunci : Pengalaman wisata berkesan, emosi positif, niat berperilaku, identitas tempat