PENGARUH NILAI ALTRUISTIK DAN EGOISTIK PADA SIKAP DAN NIAT BELI KONSUMEN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DENGAN KEMASAN YANG RAMAH LINGKUNGAN DI DKI JAKARTA
Windha Ika Maylani, Widya Paramita, S.E., M.Sc., Ph.D
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Nilai altruistik merupakan nilai yang
berorientasi pada kepedulian lingkungan dan sesama, sedangkan nilai egoistik
mengacu pada kepentingan diri sendiri (Prakash et al., 2019). Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana nilai altruistik dan
nilai egoistik memengaruhi sikap dan niat beli konsumen pada produk makanan dan
minuman dengan kemasan ramah lingkungan di DKI Jakarta.
Sampel yang digunakan yaitu konsumen yang berdomisili/bertempat tinggal di DKI Jakarta, mengetahui produk makanan dan minuman dengan kemasan ramah lingkungan dan belum pernah melakukan pembelian produk tersebut. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 162 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Smart Partial Lest Square (SmartPLS 3.0).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua nilai ini memengaruhi sikap dan niat beli konsumen pada produk makanan dan minuman dengan kemasan ramah lingkungan di DKI Jakarta. Dengan demikian penting bagi perusahaan untuk merancang kampanye pemasaran berbasis altruistik dan menekankan pada pendekatan egoistik yang lebih personal.
Altruistic values are oriented towards environmental
care and concern for others, while egoistic values refer to self-interest
(Prakash et al., 2019). The objective of this research is to determine the
extent to which altruistic and egoistic values influence the attitudes and
purchasing intentions of consumers towards environmentally friendly packaged
food and beverage products in Jakarta, Indonesia.
The sample consists of consumers residing in Jakarta
who are familiar with environmentally friendly packaged food and beverage
products but have not yet made a purchase. A total of 162 respondents were
included in this study. The analytical method employed is Smart Partial Least
Square (SmartPLS 3.0).
The research findings indicate that both of these
values significantly influence the attitudes and purchasing intentions of
consumers towards environmentally friendly packaged food and beverage products
in Jakarta. Consequently, it is crucial for companies to design marketing
campaigns based on altruistic values and emphasize a more personally tailored
egoistic approach.
Kata Kunci : Nilai Altruistik, Nilai Egoistik, Sikap Konsumen, Niat Beli Konsumen.