ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PENGGUNAAN INVESTASI DIGITAL DENGAN PENERAPAN KONSEP TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
Kezia Crusita Noviana, Iin Mayasari, Dr., M.M., Msi.
2024 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Perkembangan teknologi
saat ini membawa banyak dampak hampir di semua sektor. Layanan keuangan saat
ini juga sudah mulai mengadopsi inovasi teknologi untuk memberikan pengalaman
pelayanan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis niat penggunaan platform investasi digital. Penelitian
ini juga melibatkan sikap penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi
kegunaan, dengan niat penggunaan. Konsep kerangka kerja Technology
Acceptance Model (TAM) menjadi teori utama dalam penelitian ini. Dalam
mengumpulkan data penelitian, penulis menggunakan kuesioner yang disebarkan
secara daring dan didapatkan 165 data responden. Analisis yang dilakukan menggunakan
aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan
penggunaan memiliki pengaruh pada persepsi kegunaan. Di samping itu, hasil
penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan memiliki pengaruh pada sikap
penggunaan dan niat penggunaan investasi digital. Sikap penggunaan memiliki pengaruh pada niat penggunaan investasi digital. Penelitian
ini menyarankan agar perusahaan dapat menggunakan strategi pemasaran dengan
mempertimbangkan persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan sikap
penggunaan dalam meningkatkan niat untuk menggunakan platform investasi
digital.
Current technological developments have many impacts
on almost all sectors. Financial services are now starting to adopt
technological innovations to provide a better service experience. This research
aims to analyze intentions to use digital investment platforms. This research
involves attitudes, perceived ease of use, perceived usefulness, and intention
to use. The concept of the Technology Acceptance Model (TAM) framework is the
main theory in this research. In collecting research data, the author used a
questionnaire which was distributed boldly and obtained 165 respondent data.
Analysis carried out using the SmartPLS application. The results of this study
indicate that perceived ease of use has an influence on perceived usefulness.
On the other hand, the research results show that perceived usefulness has an
influence on attitudes towards use and intention to use digital investments. The
attitude of use has an influence on the intention to use digital investments.
This research suggests that companies can use marketing strategies by
considering perceived usefulness, perceived ease of use, and attitudes in
increasing intention to use digital investment platforms.
Kata Kunci : Investasi digital, platform, penerimaan teknologi, niat penggunaan, TAM