Laporkan Masalah

Perancangan Model Bisnis Platform Penyedia Tenaga Jasa Rumah Tangga "Home Helper Indonesia"

Defara Rizkananda, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M., Ph.D.

2024 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis berbasis aplikasi platform dengan sistem multi-sided, yang menghubungkan pengguna platform dengan tenaga jasa rumah tangga dari penyalur melalui platform bernama Home Helper Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi masa kini, inovasi bisnis platform ini diharapkan mampu menjadi wadah, sarana, dan solusi bagi pihak-pihak yang dihubungkan pada platform ini kaitannya tentang tenaga jasa rumah tangga. Penelitian ini mendalami keinginan dan kebutuhan pengguna platform yaitu kebutuhan bantuan tenaga jasa rumah tangga, sehingga perancangan model bisnis pada penelitian ini adalah menuangkan value proposition yang sesuai dengan kebutuhan pengguna platform.

Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara in-depth interview dan survei. Wawancara dilakukan dengan pihak pelaku bisnis sejenis dan penyalur sebagai penyedia tenaga jasa rumah tangga dengan panduan wawancara 9 (sembilan) blok kanvas model bisnis, dan juga wawancara dilakukan dengan 2 (dua) orang calon pengguna platform yang memiliki kebutuhan tenaga jasa rumah tangga dengan panduan wawancara peta empati. Pengumpulan data survei dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 30 responden dengan karakteristik yang sudah peneliti tentukan melalui purposive sampling, dan screening bahwa seluruh responden membutuhkan tenaga jasa rumah tangga. Analisis data pada penelitian ini menggunakan 3 (tiga) metode yaitu analisis konten pada data wawancara, analisis statistik desktriptif pada data survei, dan analisis kelayakan finansial dengan komponen NPV, IRR, dan Payback Period (PP) untuk menyatakan perancangan model bisnis ini layak dari segi ekonomi.

Penelitian menunjukkan bahwa calon pengguna platform membutuhkan akses yang mudah untuk mencari tenaga jasa rumah tangga, dan penyalur sebagai mitra dari platform ini membutuhkan media pemasaran untuk tenaga kerja yang tersedia. Platform berbasis aplikasi smartphone ini mudah digunakan kapan pun dan dimanapun, dengan fasilitas back-office untuk mitra penyalur sehingga pengelolaan tenaga kerja bisa diatur secara real-time. Penelitian ini menghasilkan kanvas model bisnis yang menggambarkan proses bisnis dari Home Helper Indonesia, dengan sumber daya finansial sebagai modal awal perancangan bisnis ini sebesar Rp 597.700.000. Perhitungan analisis kelayakan finansial didapatkan NPV sebesar Rp 585.728.872, dengan nilai IRR sebesar 53%, dan payback period (PP) 2,3 tahun. Hal tersebut menyatakan bahwa perancangan model bisnis platform penyedia tenaga jasa rumah tangga Home Helper Indonesia dianggap layak untuk dijalankan.

This research aims to design a business model based on a platform application with a multi-sided system, which connects platform users with household service personnel from distributors through a platform called Home Helper Indonesia. As today's technology develops, it is hoped that this platform business innovation will be able to become a forum, facility and solution for parties connected to this platform regarding household services. This research explores the desires and needs of platform users, namely the need for assistance from household service workers, so that the design of the business model in this research is to express a value proposition that suits the needs of platform users.

The data collection methods in this research were in-depth interviews and surveys. Interviews were conducted with similar business actors and distributors as providers of household services with an interview guide of 9 (nine) business model canvas blocks, and interviews were also conducted with 2 (two) prospective platform users who had needs for household services with an interview guide empathy map. Survey data was collected by distributing questionnaires to 30 respondents with characteristics that researchers had determined through purposive sampling, and screening that all respondents needed household services. Data analysis in this research uses 3 (three) methods, namely content analysis on interview data, descriptive statistical analysis on survey data, and financial feasibility analysis with NPV, IRR and Payback Period (PP) components to state that the design of this business model is feasible in terms of economy.

Research shows that potential platform users need easy access to find household service workers, and distributors as partners of this platform need marketing media for available workers. This smartphone application-based platform is easy to use anytime and anywhere, with back-office facilities for channel partners so that workforce management can be managed in real-time. This research produces a business model canvas that describes the business process of Home Helper Indonesia, with financial resources as capital needed for designing this business amounting to IDR 597,700,000. The financial feasibility analysis calculation shows that the NPV is IDR 585,728,872, with an IRR value of 53%, and a payback period (PP) of 2.3 years. This concluded that the business model design of the Home Helper Indonesia household service provider platform is considered feasible.

Kata Kunci : jasa rumah tangga, kanvas model bisnis, peta empati, platform, value proposition, kelayakan finansial, NPV, IRR, payback period.

  1. S2-2024-491039-abstract.pdf  
  2. S2-2024-491039-bibliography.pdf  
  3. S2-2024-491039-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2024-491039-title.pdf